SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dalam Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 Kabupaten Mimika pada tanggal 8 Oktober 2023, Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) akan menggelar festival bertajuk “Mimika Dance Carnival”.

Pada festival yang besar dan disebut-sebut berskala Internasional ini, Disparbudpora Mimika menggandeng Jember Fashion Carnaval (JFC).

Kepala Disparbudpora Mimika, Jacob Jantje Toisuta berharap dengan mengundang JFC, dapat menjadi contoh bagi masyarakat di Mimika bagaimana membuat costum yang bertaraf Internasional.

“Kami mengambil tema Nusantara sehingga festival ini akan menampilkan pertunjukan busana dari Sabang sampai Merauke, dan kehadiran JFC ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita untuk perencanaan festival Budaya, karena perlu diketahui JFC ini adalah penyelenggara festival Budaya nomor 1 di Dunia,” ujarnya dalam Pers Conference yang diselenggarakan di Dj Resto SP 3 Timika, Rabu (30/8/2023).

Sementara itu Presiden JFC, Iwan menyambut baik dan merasa bangga telah diundang oleh Pemkab Mimika untuk terlibat dalam festival yang kemudian diharapkan dapat memeriahkan HUT ke-27 Mimika.

“Kami sangat bangga bisa berkaloborasi bersama masyarakat Mimika. Kami sudah 20 tahun berkarya dalam menggelar festival, tapi baru pertama kali kami di undang ke Papua,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa event yang akan dibawakan JFC merupakan sebuah wadah atau ruang bagi anak-anak Mimika untuk menyalurkan kreativitasnya.

“Kita buatkan contoh dan ruang bagi anak muda di Mimika, sehingga ke depannya mereka bisa terus menghasilkan karya yang luar biasa dan bisa menggelar event yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Sedangkan Direktur JFC Global Indonesia, Aditya Combat mengatakan, setelah pertemuan dengan semua pemangku kepentingan dan sudah melakukan koordinasi, dia mengaku akan sangat mudah menggelar festival yang besar.

“Kita hanya perlu komitmen dan kerjasama bahkan saat kita bertemu dengan talent, adik-adik OAP ini mereka sudah memiliki performa yang baik, kita hanya tinggal support kostum dan beberapa hal teknis lainnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, beberapa hal yang akan disupport oleh JFC yaitu kostum Budaya maupun kostum dance, pelatihan mulai dari Runway fashion karakter, pelatihan dance sampai ke make up karakter.

“Akan agak beda karena yang kita tunjukan dance carnival dan meskipun kita mengambil tema Nusantara tapi yang paling kita tunjukan nanti ciri khas Amungme, jadi kegiatan ini akan berkolaborasi kepada semua lini, sehingga dari sanggar lokal pun akan kita ikutkan,” ungkapnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Mimika Dance Carnival 2023, Mustofa Setiawan mengungkapkan bahwa, pihaknya yang menjadi pemenang tender sebagai penyelenggara berharap semua kegiatan dapat berjalan dengan baik dan dapat menjadi contoh carnival bagi semua Daerah di Indonesia.

“Sebenarnya waktu kita ini sangat mepet, kita diberikan satu Bulan untuk persiapan. Saya berharap kita bisa saling berkalaborasi menyukseskan penyelenggaraan carnival ini, tidak ada perayaan yang bisa sempurna namun dengan bersama-sama kita akan memeriahkan HUT Kabupaten Mimika,” harapnya.

Dia menambahkan, untuk tepatnya perayaan Mimika Dance Carnival 2023 belum dipastikan apakah bersamaan pada saat HUT ke-27 Kabupaten Mimika atau mengambil tanggal 7 Oktober 2023.

“Yang jelas kita pastikan semua persiapan di akhir September sudah dilaksanakan,” ungkapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy