SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dalam memeriahkan kegiatan perayaan HUT RI Ke-78 yang digelar Pemkab Mimika di halaman Gedung Eme Neme Yauware Timika, tanggal 9-10 Agustus 2023, Dog Lovers Timika menampilkan berbagai macam jenis anjing dan juga mengkampanyekan “Stop Konsumsi Daging Anjing”.

Wakil Ketua I Dog Lovers Timika, Jessik Kukuh mengungkapkan, Dog Lovers diundang oleh Dinas Perikanan melalui Komunitas Ikan Hias Timika untuk ikut ambil bagian dalam memeriahkan HUT RI ke-78 di Mimika.

“Sebenarnya kami sempat vakum saat covid-19, nah karena kita diundang lagi untuk memeriahkan HUT RI ke-78, jadi kami rasa ini kesempatan yang baik untuk kembali membangun komunitas Dog Lovers di Timika,” ujarnya.

Jessik menjelaskan, ada beberapa jenis anjing yang dimiliki dalam komunitas Dog Lovers Timika, seperti di antaranya adalah anjing ras besar yakni Belgian Malinois dan Pitbull, sedangkan untuk jenis ras kecil yakni Toy Poodle dan Golden.

“Nah untuk jumlah anggota kami di Timika sekitar 70 orang, kami juga membentuk komunitas ini sebagai contoh untuk masyarakat agar mencintai hewan peliharaan terutama anjing,“ ungkapnya.

Dia meminta kepada seluruh masyarakat Timika agar berhenti mengonsumsi daging anjing, karena anjing bukanlah makanan melainkan hewan peliharaan yang dapat dijadikan teman.

“Kita di Timika ini agak susah melarang masyarakat untuk mengonsumsi daging anjing, hanya saja saya mengajak masyarakat untuk pelan-pelan berhenti memakan daging anjing ini. Sebenarnya kan anjing ini adalah hewan yang setia sama pemiliknya, dengan masyarakat mengonsumsi anjing, banyak oknum-oknum yang mempotas anjing milik orang lain, ini yang membuat kami prihatin,” tuturnya.

Dia menambahkan, untuk masyarakat yang mau bergabung di Dog Lovers bisa mengunjungi Facebook Dog Lovers Timika dan mendaftarkan diri.

“Yang memiliki anjing dan ingin bergabung bisa mengunjungi Facebook kami, kami menerima semua jenis anjing bukan hanya anjing Ras, anjing Kampung kalau mau ikut komunitas kami juga boleh,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy