SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 tahun 2023, PT. Freeport Indonesia (PTFI) menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) di Kampung Nawaripi, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Sabtu (12/8/2023).

Ketua Umum Panitia HUT RI ke-78 PTFI, Birat Setyoko mengatakan, bakti sosial dalam bentuk kerja bakti ini bertujuan untuk mengajak warga Kampung Nawaripi dan sekitarnya agar lebih peduli lingkungan, sebab dengan lingkungan bersih sudah pasti hidup menjadi sehat.

“Kegiatan ini juga bentuk dari kebersamaan semua warga di Kampung Nawaripi, sehingga warga bisa merasakan arti gotong royong, dan juga kebersihan sebagai penunjang kehidupan,” ujar Birat di lokasi pelaksanaan Baksos.

Birat menjelaskan, dukungan PTFI yang diberikan pada kegiatan bakti sosial ini berupa pemberian 100 bendera Merah-Putih, 200 kaos dan juga alat-alat kerja bakti seperti sapu lidi, penggaruk rumput, cangkul, dan lainnya.

“Kami berharap dengan adanya bakti sosial ini dan juga adanya perbaikan kebersihan di lingkungan Kampung Nawaripi, menjadi contoh untuk Kampung yang lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu Koordinator Panitia Bakti Sosial HUT RI ke-78 PTFI, Roni Yawan mengatakan, kegiatan di Kampung Nawaripi akan dilaksanakan selama 2 hari, dimana pada hari ini dilakukan bakti sosial dan besok di hari kedua akan ada kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi masyarakat serta perlombaan untuk anak-anak dan dewasa.

“Pada kegiatan ini kita libatkan semua warga Kampung dengan jumlah 300 Kepala Keluarga. Untuk pemeriksaan dan pengobatan gratis kita libatkan Puskesmas Wania, pemeriksaan ini pun nantinya ada Dokter yang melayani,” tuturnya.

Sedangkan Kepala Distrik Wania, Richard Nelson Wakum menyampaikan terima kasihnya atas dukungan dari PTFI yang turut memeriahkan HUT RI ke-78 di Kampung Nawaripi.

“Saya mengharapkan juga dari aparat Kampung untuk mendukung dan berpartisipasi penuh dalam kegiatan sehingga apa yang kita rencanakan bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy