SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sebanyak 130 personel pengurus organisasi masyarakat (Ormas) Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, masa bakti 2022-2027 resmi dilantik, yang diselenggarakan di ruang pertemuan Hotel Cenderawasih 66 Timika, Sabtu (26/8/2023).

Pengukuhan dan pelantikan ini dihadiri ketua Senkom Provinsi Papua, perwakilan dari pemerintah Kabupaten Mimika, kepolisian, TNI, Kejaksaan serta para tokoh masyarakat di Kabupaten Mimika.

Staf Ahli Bupati Mimika bidang hukum, politik dan pemerintahan Kabupaten Mimika, Septinus Timang dalam sambutan Pj Bupati Mimika mengatakan, Senkom Mitra Polri merupakan salah satu organisasi yang sangat penting, yang mana keberadaan Senkom tersebut sangat membantu tugas pemerintah.

"Kita tahu bahwa dalam visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika yakni menjadi Mimika yang aman, damai dan sejahtera, jadi selaku pemerintah kami menyambut baik kehadiran Senkom mitra Polri ini," ujarnya.

Dia berpesan agar Senkom mitra Polri selalu menjaga kewibawaan dan kehormatannya.

“Kami semua berharap Senkom mitra Polri ini dapat bersinergi dengan Polri, Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat,” harapnya.

Sementara itu Ketua Senkom mitra Polri Provinsi Papua, Kholid menyampaikan, Senkom mitra Polri dapat berperan menjadi forum komunikasi Polisi masyarakat (FKPM) untuk membantu memecahkan permasalahan sosial yang berdampak pada Kamtibmas di masyarakat dan juga sebagai barometer stabilitas politik, pertahanan dan keamanan.

“Kami sebagai wadah kelompok masyarakat sadar Kamtibmas, terus berkembang menjadi organisasi yang profesional serta dinamis yang berperanserta dalam membantu menginformasikan dan membantu pengamanan lingkungan sekitar, sehingga dimana saja anggota Senkom dapat memberikan informasi pentingnya pengamanan swakarsa agar masyarakat sadar akan Kamtibmas,” ujarnya.

Kholid menjelaskan, saat ini Senkom mitra Polri telah ada di 34 provinsi dan 485 kabupaten/kota. Untuk di wilayah Papua terdapat di 8 Kabupaten dan 1 Kota.

"Pada kesempatan ini juga saya titipkan pesan untuk pengurus Senkom mitra Polri Mimika untuk terus dapat memastikan eksistensi organisasi,” pesannya.

Dia berharap setiap pengurus anggota Senkom mitra Polri Mimika mampu melaksanakan tugasnya bagi dirinya sendiri, keluarga, lingkungan sekitar serta membantu pemerintah dan TNI-Polri dalam bentuk infromasi apapun yang valid.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Senkom mita Polri Kabupaten Mimika, Fadly Elisa Goo menegaskan, tujuan Ormas tersebut adalah untuk dapat bersinergi dan berkomunikasi dengan pihak Polri dan pihak terkait di Kabupaten Mimika.

"Komunikasi ini akan terus kami bangun agar yang kami agendakan dan yang menjadi tugas pokok Senkom mitra Polri dapat tercapai," ungkapnya.

Dia berharap kepada semua anggota Senkom yang baru dilantik dapat menjaga dan membangun Kabupaten Mimika yang aman, damai dan cerdas.

"Ijinkan kami dari Senkom memberikan peran itu dengan bersinergi dengan TNI-Polri dan pihak terkait untuk berkomunikasi agar semua bisa tercapai," pungkasnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy