SALAM PAPUA (TIMIKA) – Sirkuit Ujian Praktik SIM C secara resmi diterapkan secara serempak di seluruh Indonesia, pada Senin (7/8/2023), yang mana saat ini tidak ada lagi ujian praktik angka 8 dan zig-zag.

Tampak hal tersebut juga dilaksanakan di Polres Mimika yang diperagakan langsung oleh Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, di Mapolres Mimika Jalan Agimuga, Mile 32, Senin (7/8/2023).

“Lounching secara serantak dilakukan se-Indonesia. Uji praktik SIM yang baru ini agar lebih mempermudah tapi tidak mengurangi substansi dari maksud dilaksanakannya uji praktik SIM C,” ungkap AKBP Putra.

Kapolres menambahkan, desain baru lintasan sirkuit yang baru ini lebih singkat dan berbeda  dibandingkan desain yang lama.

"Kalau yang sebelumnya itu kan terpisah, misalnya yang bentuk angka 8 dan zig-zag itu sendiri, tapi yang baru ini sudah masuk dalam satu rangkaian," tambahnya.

Sementara Pandi yang merupakan salah satu warga Mimika pertama yang mengurus SIM C dengan desain sirkuit baru ini mengaku sangat mudah.

"Bagi saya ini tidak sulit jika dibandingkan dengan desain yang lama karena yang lama itu setiap itemnya terpisah dan beda," tutur Pandi.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy