SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Mimika, Hermalina W. Imbiri mengungkapkan bahwa dari bulan Januari hingga Agustus 2023 pihaknya telah melaksanakan 17 program kegiatan dari Pesisir hingga ke Kota Mimika.

“Memang kita belum membuat program di Pegunungan, ya itu kita terkendala transportasi dan juga keamana di sana,” ujarnya kepada salampapua.com, Rabu (13/9/2023).

Hermalina menjelaskan, program yang dilakukan adalah berupa sosialisasi tentang kekerasan dalam rumah tangga, perlindungan anak, pencegahan stunting, termasuk terkait advokasi bagi perempuan Papua untuk menduduki kursi parlemen dan juga sosialisasi langsung ke kelurahan-kelurahan.

“Semua kita sosialisasikan, sehingga pada saat ada kasus mereka tidak lagi takut untuk melaporkan. Sama halnya apabila ada kasus kami tangani hingga ke proses hukumnya, bahkan buat anak-anak kita dampingi untuk mentalnya hingga pulih,” jelasnya.

Pihaknya juga melaksanakan program untuk mama-mama Papua yang berjualan di pinggir jalan, dari memberikan sosialisasi untuk berjualan di Pasar hingga memberikan modal.

“Kami beberapa kali memberikan sosialisasi dan juga modal, hanya saja saat kita pantau, uang modal itu mereka pakai untuk keperluan yang lain, ini yang kami sayangkan,” ungkapnya.

Bahkan pihaknya telah membangun dua sanggar pelatihan untuk Orang Asli Papua (OAP) sehingga mereka memiliki tempat untuk mengasah keterampilan.

“Kami sudah membangun sanggar di dua tempat, di Wania dan Kwamki Narama. Tinggal diisi saja, jadi nanti OAP bisa membuat kesibukan di sana,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy