SALAM PAPUA (TIMIKA) – Lantaran disebut banyak yang telah rusak dan tidak layak pakai, fasilitas mebeler (kursi dan meja) di gedung DPRD Mimika diganti dengan yang baru menggunakan APBD Mimika tahun 2023.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Mimika, Gat Tebay mengaku pengadaan mebeler tersebut tidak dilakukan setiap tahun tetapi sesuai kondisi dan kebutuhan.

"Kalau memang ada yang rusak berarti langsung diganti, kalau ada yang kurang harus kita tambahkan. Jadi bukan pengadaan yang rutin," ungkap Gat, Kamis (21/9/2023).

Sementara untuk semua fasilitas yang telah rusak akan disatukan dan diletakkan di dalam gudang khusus, namun jika aturannya mengharuskan untuk dilelang, maka akan dilelangkan.

 "Yang jelas semua fasilitas ini kita laporkan ke bagian aset daerah (Pemkab Mimika)," tuturnya.

Di sisi lain, Dia mengungkapkan bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama Bapemperda DPRD Mimika akan berkunjung ke Yogyakarta untuk melihat budaya lokal dalam rangka penguatan pembentukan Perda inisiatif DPRD.

Adapun Perda inisiatif yang akan dibuat yaitu pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat, perlindungan seni budaya masyarakat adat, dan perlindungan penempatan tenaga kerja lokal.

“Anggota dewan ke Yogyakarta seperti studi banding begitu. Diharapkan tahun ini Perda-Perda itu bisa diparipurnakan,” tuturnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy