SALAM PAPUA (TIMIKA) - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Mimika menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) menyongsong Timika menjadi tuan rumah MTQ ke-30 Tingkat Provinsi Se-Tanah Papua tahun 2024.

Ketua I LPTQ Kabupaten Mimika, Akhir Iribaram menyampaikan bahwa Rakerda LPTQ merupakan momentum untuk mengevaluasi secara keseluruhan posisi organisasi, dengan memperhatikan keberhasilan dan kekurangan dalam pelaksanaan program kerja yang dihasilkan LPTQ selama ini.

“LPTQ tidak hanya sekedar memperkuat serta melestarikan apa yang telah ada, namun LPTQ juga harus mampu melahirkan gagasan juga ide maupun langkah baru untuk membina dan memajukan berbagai aspek, terkait dengan pelaksanaan MTQ seperti metode penilaian, mempersiapkan dewan hakim yang jujur dan profesional, kaderisasi generasi Qurani yang konsisten dan mempertahankan tradisi juara,” ungkapnya kepada salampapua.com saat di Hotel Horison Timika, Kamis (21/9/2023).

“Ajang ini diselenggarakan sekali dalam dua tahun. Makanya kita Raker dan mempersiapkan diri sebagai tuan rumah penyelenggara,” katanya.

Sementara itu Kepala Kemenag Mimika, Lukas Yasi mengatakan, kegiatan rapat kerja ini menjadi langkah yang strategis dalam membina dan menyiarkan Al-Qur’an bagi umat Islam. Ke delapan LPTQ ini akan membina dan membimbing qori-qoriah, untuk mempersiapkan diri menjelang MTQ ke-30 di Kabupaten Mimika tahun depan.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja semua pengurus yang telah membina Qori dan Qoriah sudah berprestasi baik di Mimika, provinsi maupun hingga tingkat nasional,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Mimika, Amuhammad Amin menyampaikan terimakasihnya kepada Pemkab Mimika yang selalu mendukung penuh setiap kegiatan keagamaan di Mimika.

“Ini sebagai langkah awal dimana Kabupaten Mimika akan menjadi tuan rumah dan ke depannya struktur kepanitiaan akan dibangun guna memberikan harmonis antar seluruh umat,” ujarnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy