SALAM PAPUA (TIMIKA) – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mulai membangun lumbung pangan di Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Plt Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK, Sorni Paskah Daeli mengatakan, pada Kamis (31/8/2023) Menko PMK Muhadjir Effendy telah meletakan batu pertama untuk pembangunan lumbung pangan di Distrik Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

“Pemerintah Pusat sudah mulai membangun lumbung pangan di Kabupaten Puncak. Ini komitmen dari Presiden Joko Widodo untuk mengantisipasi kejadian kekeringan yang tiap tahun terjadi di Kabupaten Puncak,” ujar Sorni usai mengunjungi Kampung Damai, Distrik Kwami Narama, Kabupaten Mimika, Jumat (1/9/2023).

Sementara itu Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK, Nunung Nuryartono mengungkapkan bahwa ada tiga program pembangunan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Puncak dan untuk penanganan pasca bencana kekeringan yaitu program perpanjangan runway Bandara Sinak, pembangunan gudang logistik sebagai program strategis daerah dalam upaya percepatan pemulihan pasca bencana kekeringan, serta program pembangunan jalan Sinak-Ilaga, Sinak-Agandugume, dan Sinak-Mulia.

“Dengan adanya tiga program ini maka tanggal 5-7 September 2023 Wakil Presiden akan berkantor di Papua untuk memastikan semua program itu berlangsung dengan baik. Saya berharap Pemerintah Daerah juga mengambil bagian dalam memastikan berjalannya program ini,” ungkap Nunung.

Dia menambahkan, untuk memastikan program tersebut berjalan dengan baik, Pemerintah Pusat akan mengirim 100 personel TNI untuk menjaga keamanaan.

“Di Sinak kan sudah ada TNI-Polri yang menjaga keamanan, dalam waktu dekat Pangdam juga akan mengirim personelnya ke Agandugume,” tambahnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy