SALAM PAPUA (TIMIKA) – Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) hendak membangun tiga unit rumah produksi pada tahun 2023 ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika, Petrus Yumte mengatakan bahwa tiga unit rumah produksi tersebut bagi pengusaha orang asli Papua di lokasi yang berbeda.

"Rumah produksi yang kita bangun ada di Kampung Pigapu untuk usaha teh mangrove, kemudian usaha sagu dan ikan di koperasi Maria Bintang Laut dan rumah produksi untuk usaha noken di kawasan Irigasi," ujarnya kepada salampapua.com, Jumat (29/9/2023).

Petrus menjelaskan, rumah produksi dibangun sebagai bentuk dukungan Pemkab Mimika kepada UMKM di Mimika, dimana rumah produksi tersebut akan digunakan untuk pengembangan masing-masing usaha sehingga ke depannya UMKM bisa terus berjalan dengan baik.

“Jadi selama ini mereka (kelompok UMKM) mengalami kesulitan dalam mengemas produk, sehingga dengan adanya rumah produksi ini tidak ada lagi kekhawatiran untuk hal tersebut,” ungkapnya.

Diungkapkan bahwa pembangunan rumah produksi tersebut akan rampung di akhir tahun 2023, dan setelah selesai dibangun, akan langsung dihibahkan kepada kelompok UMKM tersebut.

“Usai pembangunan rumah produksi kami juga akan membangun lagi rumah produksi bagi usaha komoditi lainnya seperti tambelo, buah merah, kopi dan cokelat,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy