SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (atau biasa disebut Basarnas) Kabupaten Mimika membimbing dan mendampingi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Don Bosco Timika dalam program magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Kepala Basarnas Mimika, George M Randang mengatakan bahwa pihaknya bekerjasama dengan Yayasan Don Bosco dalam memberikan pembelajaran terkait Pencarian dan Pertolongan pada program magang dari 20 siswa SMK Don Bosco Timika.

“Jadi kami terima 20 siswa yang rata-rata anak Amungme dan Kamoro. Kita coba tempatkan di kantor SAR Timika untuk melakukan PKL dengan tahapan pengenalan secara umum ruang lingkup tugas dan fungsinya Basarnas,” ujarnya kepada salampapua.com, Jumat (20/10/2023).

Ia menjelaskan, dalam magang tersebut, para siswa mendapatkan berbagai pembelajaran bidang Pencarian dan Pertolongan berupa pengembangan SDM, pemeliharaan peralatan atau sarana-prasarana penunjang operator dalam melakukan pertolongan, pertolongan di atas kapal, dan juga diberikan pembelajaran di bidang pengarsipan.

“PKL ini sudah berjalan selama satu bulan dan akan dilakukan selama tiga bulan ke depan, sementara kita roling terus pembelajarannya sehingga anak-anak bisa merasakan setiap bidang. Kita ajarkan materi dan praktiknya,” jelasnya.

Menurut George, Basarnas juga memberikan beberapa komponen pembelajaran lain yang berhubungan dengan tenaga medis atau perawat di lapangan, pertolongan di alam terbuka seperti hutan dan pembelajaran menggunakan peta dan kompas atau meggunakan alat yang modern seperti pencarian menggunakan pesawat.

“Semua kita ajarkan dengan menggunakan alat yang ada di Basarnas. Jadi anak-anak ini bisa lebih terpacu dalam belajar. Kita juga ajarkan bagaimana bisa bertahan hidup di mana saja, baik di hutan, di laut, atau di gunung. Kita ajarkan semua dasar-dasar survive,” ungkapnya.

Dia berharap dengan adanya program magang ini siswa dapat memanfaatkan ilmu yang didapatkan untuk dipakai dalam dunia pekerjaan nantinya.

“Setelah mereka lulus, ilmu yang mereka dapatkan bisa digunakan di mana saja di dunia kerja misal mereka mau jadi TNI, Polri atau tenaga medis pun ini bisa jadi dasar untuk mereka. Jadi saya berharap anak-anak bisa mengikuti magang dengan baik sehingga dapat berguna ke depannya,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy