SALAM PAPUA (TIMIKA) – Plt Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Mimika, Jania Basir mengungkapkan bahwa hingga saat ini penyerapan anggaran di BKAD baru diangka 47 persen.

“Saya yakin tahun ini penyerapan anggaran tidak akan mencapai di angka 100 persen. Untuk di Tata Pemerintahan Daerah saja penyerapannya 0 persen karena belum ada penagihan, sedangkan pembangunannya sudah masuk 13 persen. Untuk bagian Kesra penyerapannya sudah 100 persen, tapi memang tidak kelihatan karena penyaluran anggarannya langsung ke Rumah-Rumah Ibadah,” ujar Jania dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi B DPRD Mimika, Jumat (20/10/2023).

Hadir pula pada RDP tersebut, Kepala Bapenda Mimika, Dwi Cholifa mengatakan, realisasi keseluruhan pendapatan Daerah Mimika sampai dengan saat ini kurang lebih di angka Rp 4,3 Triliun dari target APBD induk Rp 5,1 triliun.

“Ini kita hitung APBD Induk saja karena APBD Perubahan belum dievaluasi. untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD)nya dari target Rp 1,9 Triliun realisasinya Rp 1,5 Triliun, jadi sudah masuk 82 persen,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy