SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dalam memperkuat kemampuan berbahasa Inggris, Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) Timika sejak tahun ajaran 2022/2023 telah melaksanakan program TeachCast with Oxford kepada siswa kelas III sampai kelas IX.

Selama 2 tahun mengikuti pembelajaran secara online, SATP untuk pertama kalinya menggelar Event Marketing TeachCast: Quizbowlb Battle yang langsung mendatangkan narasumber dari Tim TeachCast Oxford, yang digelar di Hall I SATP Timika, Kamis (26/10/2023).

Supervisor Teacher TeachCast Oxford Paul Carrasco yang diterjemahkan oleh Relation Officer Sandy Muhammad mengatakan, kemampuan berbahasa Inggris siswa-siswi di SATP sangat berkembang dengan yang diajarkan secara online yang saat ini bisa bertatap muka secara langsung.

“Kita lihat bagaimana mereka sangat antusias untuk belajar bahasa Inggris. Ini sebagai motivasi dan penyegaran untuk siswa karena selama ini murid belajar melalui Zoom di kelas namun sekarang langsung bertemu dengan native speaker-nya,” ujarnya.

Dalam pembelajaran pihaknya berfokus pada conversational skill untuk berbahasa Inggris seperti listening, reading, speaking dan writing.

“Metode-metode ini yang akan membangun kepercayaan diri anak-anak sehingga bisa berinteraksi secara langsung,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala SATP, Johana Tnunay mengatakan, pembelajaran yang didapatkan dari TeachCast Oxford memberi nilai plus bagi anak-anak dan juga guru-guru SATP sehingga bisa mengembangkan pembelajaran Bahasa Inggris.

“Kami memberikan pembelajaran Bahasa Inggris ini sebagai bentuk mewujudkan misi SATP. Sebagai bahasa internasional, kita dituntut untuk menguasai bahasa tersebut dengan baik. Berbagai metode tersedia untuk membantu seseorang mempelajari Bahasa Inggris, salah satunya adalah metode TeachCast yang dikembangkan oleh Oxford,” ujarnya.

Dia menjelaskan, SATP dituntut untuk siap menjawab tantangan zaman dengan membekali peserta didiknya kemampuan yang dibutuhkan dalam menghadapi era baru, seperti kecakapan berbahasa internasional itu.

“Dengan melakukan permainan games battle, inilah bukti bahwa yang diajarkan sangat bermanfaat bagi anak-anak dan dapat dinilai program yang ditawarkan pada kami sesuai dengan apa yang kami harapkan. Kami berterimakasih kepada PT Freeport Indonesia dan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK) bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Lokon yang selalu menjawab kebutuhan-kebutan pendidikan kami di SATP,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy