SALAM PAPUA (TIMIKA) – SMA Negeri 1 Timika menggelar upacara memperingati hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023, Sabtu (28/10/2023), yang diwarnai dengan siswa-siswi mengenakan pakaian adat dari berbagai Daerah.

Dalam agenda rutin tahunan ini, Kepala SMA N 1 Timika Matheus Mamo menyebutkan sebagai bentuk ekspresi para siswa yang bangga dengan keragaman suku dan budaya di Indonesia.

Ada sekitar 1.500 siswa-siswi dari kelas X hingga XII yang mengikuti upacara tersebut.

“Rutin setiap tahun kami adakan ini, biar murid-murid bangga dengan suku dan budayanya,” ujarnya kepada salampapua.com.

Matheus menjelaskan bahwa sebelumnya dalam rangka menyambut peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini, juga telah dilaksanakan lomba tari-tarian nusantara antar kelas.

“Sebelumnya kami sudah lakukan lomba, ada 46 kelas yang melakukan lomba tarian Nusantara. Hari ini kita umumkan pemenangnya dan semua murid sangat antusias mengikuti,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu siswa SMA N 1 Timika kelas XI IPA 5, Melisa mengaku sengaja mengenakan pakaian adat Minang pada upacara tersebut karena tertarik dengan hiasan baju adatnya yang ramai dan ada mahkotanya.

“Kami senang sekali setiap perayaan Sumpah Pemuda kami memakai baju adat, ini juga sebagai pelajaran buat kami dan sudah dua kali saya ikut, tahun lalu saya kenakan baju Bali,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy