SALAM PAPUA (TIMIKA) - Setelah perjuangan sejak didirikan tahun 2019, TK Nagmora di bawah naungan Yayasan Gerbang Terang Timur (YGTT) di Kompleks Banti, Jalan Agimuga, Mile 32, Kabupaten Mimika, saat ini sukses meraih Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sekolah TK Nangmora YGTT ini mengajarkan Budaya Amungme, sehingga dengan pengajaran ini membuat anak-anak asli Amungme bisa tetap mengenal budaya mereka.

Kepala sekolah TK Nangmora, Yohana Jarisetouw mengatakan bahwa saat ini TK Nangmora telah mendapatkan akreditasi B, dengan begitu sekolah tersebut menjadi salah satu tempat Pendidikan khusus bagi anak-anak Amungme sebagai pilihan orang tua khususnya di wilayah Mile 32 dan sekitarnya.

“Puji Tuhan, dengan keterbatasan dalam segala hal, kemarin TK Nangmora mendapatkan akreditasi B,” ujarnya kepada salampapua.com, Selasa (17/10/2023).

Yohana menjelaskan, proses penginputan data dari awal Maret hingga selesai di akhir Mei 2023. Dengan syarat delapan standar yang harus dipenuhi, lalu delapan standar tersebut dibahas apakah sekolah bisa masuk dan memenuhi standar sekolah Nasional, sampai akhirnya diumumkan tanggal 2 Oktober 2023 SK Akreditasinya.

“Awalnya saya tidak berharap banyak, dapat akreditasi C pun kami sudah bahagia, tapi Puji Tuhan, apa yang kita kerjakan dengan sungguh-sungguh Tuhan berikan lebih dari perjuangan kita. Sekolah kita tidak sempurna kalau dibandingkan sekolah di wilayah Kuala,” ungkapnya.

Dia berharap dengan adanya akreditasi yang telah diakui secara Nasional menjadikan nilai plus untuk TK Nangmora, sehingga sekolah yang mendidik anak usia dini ini bisa terus berkembang, serta dapat diminati anak-anak asli Amungme.

“Kami didik anak-anak ini agar berkarakter Kristus dan menjadi bibit-bibit generasi emas, sehingga apa yang kita tabur nanti di sepuluh atau dua puluh tahun ke depan anak-anak bisa merasakan didikan usia dini ini,” harapnya.

Sementara itu Pembina YGTT, Araminus Omaleng mengatakan, sesuai namanya, YGTT mendidik anak-anak agar bersinar di usia dini. YGTT sama sekali tidak memungut biaya apapun kepada anak-anak murid.

“Karena kami punya generasi yang dulu-dulu tidak pernah merasakan bagaimana bersekolah di usia dini, sehingga dengan adanya YGTT ini menjadi sumber cahaya buat anak-anak usia dini khususnya anak-anak asli Amungme,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy