SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda, Sekolah Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ) Kuala Kencana menggelar kegiatan pagelaran seni dan budaya nusantara di sport hall sekolah YPJ Kuala Kencana Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Jumat (27/10/2023).

Dalam rilis yang diterima salampapua.com, Kepala Kampus YPJ Kuala Kencana, Abidin Nur Rahmat mengatakan, tujuan kegiatan tersebut sebagai bentuk pembelajaran tentang keanekaragaman semua Daerah, mengajak murid-murid untuk mudah menerima perbedaan, tetapi tetap mempunyai integritas dan menjunjung tinggi rasa toleransi antar sesama.

“Di sinilah tanggungjawab kita mengajarkan bagaimana bisa menerima perbedaan tetapi tetap bisa menunjukkan integritas kita pada orang lain, sehingga yang terjadi adalah saling menghargai, saling memahami perbedaan itu sendiri,” ujar Abidin.

Dia menjelaskan, berbagai program pengembangan yang diajarkan di YPJ Kuala Kencana yaitu program di International Baccalaureate (IB) Primary Years Programme (PYP) maupun Middle Years Programme (MYP).

“Yang jelas kita membekali siswa untuk memiliki pemahaman bahwa setiap manusia pada prinsipnya adalah berbeda satu dengan yang lain, tetapi saling memahami, saling menghormati, lebih khusus menghargai perbedaan pendapat. Perbedaan ini sangat mendasar dan kaitannya dengan prinsip, bahasa, budaya dan ragam lainnya. Outputnya adalah ketika anak-anak kita berbeda pendapat, berbeda situasi, menjadikan anak-anak yang tangguh, tidak mudah terprovokasi, memiliki pendirian dan integritas yang kuat. Bisa bekerjasama dengan baik dengan siapapun. Muaranya adalah untuk mengantisipasi dan mengajarkan anak-anak bisa survive di kehidupan mendatang dengan berbagai situasi dan keadaan yang akan muncul,” jelasnya.

Abidin menambahkan, pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ada pengembangan profile pembelajaran Pancasila. Penerapan Kurikulum Merdeka sudah sejak dua tahun lalu dan pada tahun 2024 pihak Kementerian akan memastikan bahwa semua sekolah di Indonesia telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Sehingga profile pembelajarannya juga mengembangkan profile pembelajaran Pancasila.

“Ini sekarang kita baru tekankan lagi karena banyak nilai-nilai Pancasila yang harus diterapkan dalam kehidupan, mulai dari sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan sosial dan lingkungan bermasyarakat dan bernegara,” ucapnya.

Sementara itu Ketua panitia tim SD YPJ Kuala Kencana, Markus Fluorinco Susanto menjelaskan, perayaan bulan bahasa sekolah YPJ Kuala Kencana tahun 2023 mengambil tema sesuai dengan kongres bahasa 2023 di Bali yaitu ‘Adibasa, Adiwangsa.’ Dimana Adibasa dan Adiwangsa diambil dari bahasa sansekerta.

“Adibasa adalah bagaimana kita bisa berbicara, bertutur bahasa Indonesia secara baik dan benar sedangkan Adiwangsa adalah kita diharapkan menjadi bahasa yang besar ketika kita menuturkan bahasa kesatuan kita, bahasa Indonesia,” ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya perlombaan yang diselenggarakan bisa memacu siswa-siswi YPJ untuk memunculkan jiwa kompetisi untuk bersaing secara positif dalam ranah yang sudah ditentukan.

“Dengan perayaan bulan bahasa 2023 ini secara khusus ingin menjadikan sekolah YPJ sebagai sekolah yang memiliki tutur bahasa yang baik dan menonjol pada tingkatannya,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy