SALAM PAPUA (TIMIKA) - Bupati Mimika Eltinus Omaleng meminta agar seluruh tokoh agama turut andil membantu aparat TNI-Polri dalam mengamankan situasi pada tanggal 1 Desember 2023 dan pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Mimika, baik di wilayah pegunungan maupun di pesisir.

Hal ini disampaikan saat acara Tatap Muka Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Bersama Forum Binaan Pemkab Mimika di Hotel Cenderawasih 66 Timika, Kamis (30/11/2023).

Bupati Omelang menyampaikan bahwa tokoh agama di wilayah Tembagapura, Hoya, Tsinga, Bela, Alama dan wilayah lainnya harus mengimbau seluruh jemaatnya agar tetap menjaga situasi keamanan. Gereja-gereja mempunyai peran penting di tengah masyarakat, sehingga apa yang diimbau gereja akan diikuti dengan taat oleh masyarakat.

"Tokoh-tokoh gereja harus bantu TNI dan Polri dengan mengajak warganya menjaga keamanan. Kita sama-sama berharap agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat tanggal 1 Desember, hingga perayaan Natal dan Tahun Baru serta pelaksanaan Pemilu 2024," ungkap Omaleng.

Selain kepada tokoh agama, seluruh forum masyarakat juga harus ikut menjaga Kamtibmas. Ketika mengetahui adanya satu kejadian yang berpotensi mengganggu, maka harus secepatnya menyampaikan informasi kepada TNI-Polri.

"Jangan sampai terjadi hal-hal sedikit saja, bisa menjadi besar sehingga orang pusat menilai bahwa ada terjadi hal yang luar biasa di Timika. Kalau memang ada hal yang tidak diinginkan, harus cepat lapor. Kalau kita diamankan, artinya kita sama dengan mereka atau para pelaku itu. Kalau kita melapor, berarti kita menyelamatkan nyawa mereka dan kita semua," ujarnya.

Dia juga mengingatkan seluruh forum masyarakat untuk mengimbau kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dengan informasi hoax yang beredar di media sosial. Sebab banyak informasi seperti itu hanya membuat citra Mimika menjadi buruk.

"Mari kita sama-sama amankan pelaksanaan Pemilu supaya kita semua aman-aman," katanya.

Penulis : Acik

Editor : Jimmy