SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sekretaris Umum KONI Mimika Simon Kasamol membuka secara resmi Kejuaraan Binaraga dan Fitness pada Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Mimika yang pertama, yang diselenggarakan di Gedung Eme Neme Yauware Timika, pada Kamis (30/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Umum Persatuan Binaraga dan Fitness Indonesia (PBFI) Pusat beserta jajaran, Forkopimda, Kepala Disparbudpora Mimika Yopi Toisuta, perwakilan TNI dan Polri, ketua Cabor dan para atlet yang akan bertanding.

Sekretaris Umum KONI Mimika, Simon Kasamol mengatakan bahwa pelaksanaan Porkab ini merupakan hasil dari diskusi bersama Ketua Umum KONI Mimika Eltinus Omaleng.

Dalam diskusi tersebut dirinya menyampaikan bawah selama ini atlet Mimika banyak, namun ruang dan gerak untuk bereksplorasi tidak pernah ada. Sebab itu dirinya mengusulkan agar menggelar Porkab. Dengan begitu, dapat melihat kemampuan atlet di Mimika.

"Masyarakat akan menyaksikan sendiri dan dengan Porkab ini kita bisa lihat dengan jelas atlet-atlet yang berbakat," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa Porkab I Mimika ini tidak akan berakhir di tahun ini, namun akan terus berlangsung setiap tahun.

“Untuk semua atlet Binaraga dan Fitness selamat bertanding,” ucapnya.

Sementara Ketua Umum PBFI Pusat, Irwan Alwi dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Kejuaraan Binaraga dan Fitness ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan di Mimika.

“Saya kemarin keliling di Timika, saya rasa Timika bisa dijadikan tuan rumah untuk event-event olahraga Nasional berikutnya,” ujarnya.

Ia berpesan kepada semua atlet yang akan berlaga dalam kompetisi Binaraga dan Fitness ini agar selalu mempersiapkan diri dan tetap konsisten sehingga ke depan dapat mengikuti perlombaan di tingkat nasional.

“Jadi Porkab ini bisa jadi ajang mengasah kemampuan atlet untuk nantinya mempersiapkan diri bertanding secara Nasional,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy