SALAM PAPUA (TIMIKA) - Terhitung mulai 19 November 2023, pesawat Garuda Indonesia akan melayani penerbangan setiap hari untuk rute Timika-Jakarta (PP) dan tidak lagi transit di Makassar tetapi beralih ke Jayapura.

Branch Manager PT. Garuda Indonesia Cabang Timika, Daniel Valentino mengungkapkan bahwa perubahan rute dan penambahan frekuensi penerbangan Timika-Jakarta yang semula hanya hari Senin, Rabu dan Jumat menjadi setiap hari ini semata-mata untuk pengembangan layanan penumpang dan kargo khusus di wilayah Papua.

"Starting dari Jakarta, daily itu efektif di 19 November 2023. Berarti dari Timika mulai tanggal 20 November 2023. Dengan demikian, dari Timika ke Jakarta via Jayapura dan tidak lagi direct ke Makassar. Dari Timika ke Jayapura hanya transit sejam lewat beberapa menit dan langsung terbang ke Jakarta,"  ungkap Daniel, Jumat (17/11/2023).

Dengan adanya perubahan rute dan penambahan frekuensi penerbangan ini, berarti untuk sementara tidak ada lagi Garuda dari Papua yang direct ke Makassar.

"Tapi kita tidak menutup kemungkinan beberapa bulan ke depannya akan dibuka lagi direct Makassar jika ada kebutuhan traffic yang significant," katanya.

Ekspektasi penerbangan Garuda setiap hari ini juga bisa menjawab kebutuhan saat musim liburan (peak season) Natal dan Tahun Baru. Harapannya Garuda dapat mensupport pertumbuhan perekonomian serta arus barang dan orang di Papua.

"Makanya kita juga buka harga promo yang cukup banyak untuk penerbangan Timika ke Jayapura mulai dari harga Ro 700 ribuan," tuturnya.

Penulis : Acik

Editor : Jimmy