SALAM PAPUA (TIMIKA) - Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob menutup secara resmi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dasar Anggota Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Dispol PP) Kabupaten Mimika.

Penutupan Diklat ditandai dengan penyematan Topi Baret yang dilakukan oleh Wakil Bupati Mimika didampingi Kepala Dinas Satpol-PP Mimika Ronny S Marjen, yang dilaksanakan di salah satu Hotel di Timika, Kamis (30/11/2023).

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob dalam sambutannya mengatakan, setelah dilaksanakannya kegiatan Diklat ini, anggota Satpol PP diharapkan memiliki jiwa korsa yang tinggi, semangat dan jiwa yang tangguh, respek, sigap, energik dan loyal pada pimpinan.

“Saya juga berterimakasih kepada semua instruktur yang telah memberikan materi dan pelatihan fisik dan mental,” ujarnya.

Menurutn, Satpol PP merupakan bagian dari ujung tombak atau garda terdepan dalam menjalankan tugas sebagai penegak Perda sesuai aturan di Pemkab Mimika.

“Saya berharap yang sudah pembaretan dapat melaksanakan tugasnya dengan bertanggung jawab, ubah kelakuan-kelakuan yang tidak baik, jangan gunakan baju ini untuk mabuk di jalan, karena kalian yang mengamankan orang mabuk, jadi jangan yang mengamankan malah mabuk di jalan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Satpol PP melalui Kasie Penyidik Marike Warinussi mengatakan bahwa Diklat tersebut dilaksanakan selama 12 hari, dengan narasumber dari Polres Mimika dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk fokus pengamanan Pemilu 2024, sehingga semua pelatihan lebih fokus kepada kepelatihan Dalmas atau fisik,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy