SALAM PAPUA (TIMIKA) – Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Mimika menggelar lomba Duathlon atau dwilomba (Lari-Bersepeda) yang digelar dalam rangkaian Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) I Mimika tahun 2023.

Kejuaraan ini digelar dalam tiga kategori putra dan putri, yakni Sepeda Roadbika (RB), Sepeda Lipat (Seli) dan Sepeda Mountain Bike (MTB) atau sepeda gunung.

Adapun yang mengikuti kejuaraan ini lebih dari 200 peserta yang dilepas perwakilan Pengurus KONI Kabupaten Mimika yakni Kepala Bidang Dikti KONI Mimika, Billy Karubaba dari halaman Gedung Eme Neme Yauware Timika, Minggu (3/12/2023).

Jalur yang dilalui peserta bersepeda yaitu dari halaman Eme Neme Yauware menyusuri Jalan Budi Utomo, Jalan Irigasi, Jalan SP 5, Jalan SP 2 lalu masuk ke Jalan Cendrawasih, Jalan Budi Utomo dan finish kembali di halaman Eme Neme Yauware.

Untuk peserta yang berlari dengan dua sesi, yang pertama dengan jarak 5 Km dari halaman Eme Neme Yauware melintasi Jalan Budi Utomo, Jalan Cendrawasih lalu berputar di Budaran Petrosea kemudian kembali ke Jalan Cendrawasih, Jalan Budi Utomo dan finish di halaman Eme Neme Yauware. Sedangkan untuk sesi kedua dengan jarak 2,5 Km, dari halaman Eme Neme Yauware, Jalan Belibis, Berbelok ke Jalan Yos Sudarso, Gereja Tiga Raja, lalu menuju jalan Cenderawasih depan Polres Pelayanan, kemudian belok ke Jalan Budi Utomo dan finish di halaman Eme Neme Yauware.

Para pemenang lomba menerima medali dan uang pembinaan dari KONI Mimika yang secara simbolis diserahkan Ketua ISSI Mimika Bobby S Yakadewa, Ketua Panitia Asril Yunas dan Kepala Bidang Dikti KONI Mimika Billy Karubaba. Namun secara utuh penyerahan hadiah lomba akan diserahkan pada penutupan Porkab Mimika yang akan digelar tanggal 7 Desember 2023 mendatang.

Ketua ISSI Mimika, Bobby S Yakadewa mengungkapkan bahwa lomba tersebut dilakukan untuk mengembangkan kemampuan dan mengasah stamina peserta.

Dia berharap melalui perlombaan ini, KONI Mimika dapat terus berkomitmen untuk mendukung berbagai kejuaraan dari setiap cabang olahraga di Mimika.

“Saya sampaikan selamat bagi yang menang, semua ini kita lakukan untuk memberikan sarana bagi pencinta sepeda di Timika. Peserta hari ini sangat antusias dan Mimika Duathlon sukses digelar. Kami berharap KONI secara konsisten terus mendukung perlombaan seperti Mimika Duathlon ini,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy