SALAM PAPUA (JAYAPURA) - Waanal Brothers FC (WBFC) Mimika tetap mampu mengamankan posisi di puncak klasemen sementara Liga 3 zona Papua 2023 setelah menang tipis melawan Persiker Keerom dengan skor akhir 3-2 pada pertandingan ketujuh yang berlangsung di stadion Bas Youwe, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Rabu sore (6/12/2023).

Pada babak awal, tampak WBFC dan Persiker saling beradu strategi dan mencari celah menembus masing-masing pertahanan lawan di tengah cuaca yang begitu panas menyelimuti stadion Bas Youwe. Hingga babak pertama berakhir, belum ada satu pun goal yang tercipta. Skor tetap 0-0.

Satu menit setelah wasit meniup peluit tanda babak kedua dimulai, pemain Persiker Keerom Albert Yumame mampu mengecoh pemain belakang WBFC Mimika dan dengan tendangan kerasnya dari luar kotak penalty mampu membuat bola bersarang di sisi kanan penjaga gawang WBFC Mimika. Skor 0-1 untuk keunggulan Persiker Keerom.

Bagaikan terbakar setelah disiram bensin, setelah tertinggal 1 goal, para pemain WBFC Mimika justru semakin meningkatkan tempo permainan dan menunjukkan serangan demi serangan di jantung pertahanan Persiker Keerom. Terbukti di menit ke-52, umpan cantik dari sisi kanan oleh Muhammad Ghofur (25) mampu dimanfaatkan oleh Dwi Cahyono (17) lewat sundulan kepalanya membuat bola bersarang di sudut kanan penjaga gawang Persiker Keerom. Skor imbang 1-1.

Berselang 5 menit kemudian, WBFC Mimika kembali menambah pundi-pundi goalnya melalui tendangan Pian Sofyan (27) yang memanfaatkan celah saat terjadi kemelut di depan gawang Persiker Keerom. Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan WBFC Mimika.

Di menit ke-66, berawal dari tendangan bebas yang disambut sundulan kepala pemain Persiker Keerom dan bola menyentuh tangan pemain belakang WBFC Mimika saat berada di dalam kotak penalty. Wasit pun meniup peluit dan menunjuk titik putih. Tanpa menyia-nyiakan kesempatan, pemain Persiker Keerom Albert Yumame berhasil mencetak goal dari tendangan penaltinya, dan skor pun kembali imbang 2-2.

Dengan skor imbang ini kedua kesebelasan pun tampak saling jual-beli serangan. Namun di menit ke-80, Alsa Gaus Kiat dengan tendangan kerasnya saat berada di dalam kotak penalti Persiker Keerom berhasil mencetak goal bagi WBFC Mimika. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir, skor tetap bertahan 3-2 untuk kemenangan WBFC Mimika.

Dengan kemenangan ini, posisi WBFC Mimika tetap aman di puncak klasemen sementara Liga 3 Papua 2023 dengan poin 17 dan selisih goal +12. Sedangkan Persiker Keerom berada di posisi ke delapan dengan poin 6.

Sementara di pertandingan lainnya yang berlangsung di stadion Mandala, Kota Jayapura, di hari dan jam yang sama, Persinab Nabire harus menelan kekalahan dari Toli FC dengan skor akhir 2-1. Melalui hasil ini, Persinab Nabire berada di posisi keempat pada klasemen sementara dengan poin 12, dan Toli FC masih di posisi juru kunci.

Sedangkan di posisi kedua ditempati Persido Dogiyai dengan poin 14 dan selisih goal +5, serta disusul Persipani Paniai di posisi ketiga dengan poin 13 dan selisih goal +5.

Saat diwawancarai salampapua.com di akhir pertandingan antara WBFC Mimika Vs Persiker Keerom, Head Coach WBFC Mimika, Sahala Saragih menyampaikan rasa syukurnya kepada Tuhan, dimana selain memenangkan pertandingan, WBFC Mimika juga mampu mengontrol permainan. Meskipun sempat tertinggal 1-0, anak-anak asuhannya tetap konsisten dengan taktik dan rasa percaya diri yang dimiliki.

Coach Sahala mengaku kondisi cuaca yang cukup panas menyebabkan para pemain WBFC Mimika sempat kewalahan di babak pertama. Di samping itu, goal pertama Persiker justru memicu semangat pemain-pemain WBFC Mimika yang makin bangkit penuh leluasa dan akhirnya dapat memenangkan pertandingan.

"Anak-anak WBFC bermain cukup bagus, anak-anak (Persiker) Keerom juga bermain sangat bagus, yang membuat permainan sangat menarik ditonton. Keerom cetak goal duluan ke WBFC di babak kedua. Goal itulah yang membangkitkan semangat pemain WBFC Mimika dan semakin kuat menyerang hingga akhirnya menang 3-2," ujarnya.

Penulis : Acik

Editor : Jimmy