SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sebanyak 16 perusahaan BUMN Regional Timika jalani kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk membersihkan kampung bersama masyarakat dan berikan bantuan sosial (Bansos) di Kampung Wangirja, SP XI, Distrik Iwaka, Jumat (5/1/2024).

Kegiatan CSR tersebut merupakan rangkaian perayaan Natal bersama BUMN tahun 2023. Tahun ini, Kementrian BUMN menunjuk PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Bank BRI untuk mengkoordinir kegiatan di wilayah Regional Timika serta melibatkan 14 BUMN lainnya, di antaranya Sucofindo, Bank Mandiri, PT Pos, PT Pegadaian, Telkom, Telkomsel, Pertamina, Perum bulog, Damri, PT Pelni, PT PLN, Bank BNI46, Airnav, dan PT Garuda Indonesia.

Senior Vice President (SVP) Sustainable Development PTFI, Nathan Kum dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan CSR ini, akan di lakukan pembersihan Kampung bersama masyarakat dan Tim BUMN, dan juga ada pemberian 500 paket sembako serta 4 unit gitar di Gereja Mambre dan Gereja GKII Perdamaian dengan total bantuan Rp 102.000.000.

“Kegiatan ini merupakan komitmen BUMN dalam pemberian bantuan kepada masyarakat. Memang Natal sudah lewat, tapi kita masih tetap bisa merasakan bersama-sama  sukacita Natal,” ujarnya.

Ia menjelaskan akan ada acara puncaknya yaitu Ibadah dan perayaan Natal bersama yang akan dilakukan pada tanggal 13 Januari 2024 di Multipurpose Community Center Kuala Kencana.

“Nanti pukul 18:00 WIT kita  lakukan Ibadah Natal secara internal BUMN Regional Timika dan  pukul 19.30 WIT perayaan Natal Bersama dengan panitia pusat secara streaming,” jelasnya.

Ia menambahkan CSR merupakan agenda perhelatan yang diselenggarakan atas inisiasi dari Kementerian BUMN RI, yang ditugaskan ke masing-masing regional di setiap wilayah untuk membuat program CSR bersama masyarakat di moment Natal dan Tahun Baru 2023.

“Semua kegiatan CSR ini di lakukan di seluruh Indonesia bukan hanya di Timika, jadi mari kita lakukan kegiatan ini bersama-sama, saling mengasihi itu yang paling terpenting,” ungkapnya.

Sementara itu, warga setempat sebagai penerima manfaat, Iliau Alom mengucapkan terima kasih atas kedatangan Perwakilan 16 BUMN yang menyempatkan datang untuk berbagi di Kampung Wangirja SP IX.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ini, selama ini pemerintah hanya datang dengan bantuan, tapi jarang sekali untuk berinteraksi dengan warga setempat,” ujarnya.

Mewakili Pendeta GKII Perdamaian dan Tokoh Masyarakat Kampung SP IX,  Ben Newegalem  mengucapkan terima kasih sebesar besarnya atas kedatangan tim BUMN regional Timika dan bersama-sama kerja bakti untuk membersihkan area gereja dan area jalan dikampung kami, terima kasih juga atas bantuan alat musik dan bahan makanan untuk masyarakat SP IX.

Wartawan: Evita

Editor : Inoel