SALAM PAPUA (TIMIKA) - 500 lebih peserta akan meramaikan kegiatan Timika Night Run (TNR) 2024 yang akan digelar pada Sabtu (26/1/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga lari yang akan diikuti warga Mimika, mulai dari Orang Asli Papua (OAP) hingga warga asing (Expatriat) yang berdomisili di Timika.

CEO Event Organizer 1945 ProdCom selaku penyelenggara, Mustofa Abdulah mengungkapkan bahwa event ini merupakan pertama kalinya digelar di Kabupaten Mimika. Dia mengaku karena kegiatan dilakukan di malam hari dengan tingkat kerawanan yang tinggi, tentunya membutuhkan sistem keamanan yang ekstra.

“TNR ini pada awalnya kami cukup pesimis, karena di Timika biasanya kegiatan yang berbayar ini sangat sulit untuk dilaksanakan. Tetapi saat ini membuktikan bahwa kegiatan berbayar pun jika dikelola dengan baik ternyata bisa menarik peserta lebih dari 500 orang,” ujarnya pada rilis yang diterima salampapua.com, Sabtu (26/1/2024).

Mustofa menyebut, terkait dengan pengamanan, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk melakukan pengamanan ekstra ketat dan akan dijaga di titik-titik yang dianggap rawan dengan jumlah personel sekitar 120 orang.

"Untuk persiapan acara ini sudah mencapai lebih dari 80 persen. Sehingga panitia optimis, kegiatan ini dapat berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Aminudin mengungkapkan selain didukung sponsor juga didukung oleh Pemkab Mimika dalam hal ini Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perhubungan, PSC 119, Polres Mimika, Pengcab PASI, KORMI Papua Tengah dan Mimika, Senkom, PMI dan RAPI.

"Terima kasih kepada pihak sponsor dan stakeholder yang sudah mendukung event kami. Tanpa dukungan pihak-pihak tersebut kegiatan kami tidak akan berjalan dengan baik. Kami juga mohon dukungan dan doa dari seluruh warga Mimika semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar hingga selesai," ujarnya.

Perlu diketahui seluruh peserta Timika Night Run akan melakukan Start dari area Gelael Timika, jalan Budi Utomo, jalan Hasanudin, jalan Yos Sudarso dan finish kembali di Gelael. Selain lomba lari dengan hadiah jutaan rupiah dan 100 medali untuk finisher pertama, peserta juga berhak mendapatkan kupon doorprize dengan hadiah utama 1 unit Sepeda Motor.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy