SALAM PAPUA (TIMIKA) – Babak Kualifikasi PON XXI/2024 di Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua yang diselenggarakan di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, resmi dibuka, yang mana kegiatannya diselenggarakan di GOR Futsal Mimika, Jalan Poros SP4, Rabu (24/1/2024).

Babak Kualifikasi Sepakbola dan Futsal ini dihadiri Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Pj Gubernur Papua Pegunungan Dr. Velix Vernando Wanggai, Waket I KONI Papua Tengah Alvian Cesar Tuanya, Anggota Exco PSSI dan sekaligus Plt Ketua Asprov PSSI Papua Tengah Vivin Cahyani Sungkono, Anggota Exco PSSI sekaligus Plt Ketua Asprov Papua Pegunungan Khairul Anwar, dan Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra.

Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Askab PSSI Mimika selaku tuan rumah pelaksanaan babak kualifikasi PON XXI tersebut.

Babak kualifikasi ini dikhususkan untuk DOB yaitu Provinsi Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan dan Papua Barat Daya, dimana KONI Pusat memandang DOB sangat perlu ikut dalam cabang olahraga (Cabor) sepakbola dan futsal, tapi harus melalui babak kualifikasi.

Diharapkan 4 DOB Papua ini bisa menunjukkan prestasi pada PON XXI/2024 Aceh-Sumut nanti, karena sangat diyakini bahwa di 4 DOB sangat banyak atlet-atlet berbakat, baik sepakbola dan futsal, serta Cabor perorangan lainnya.

"Selamat bertanding, jaga sportivitas dan mari kita sukseskan PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara bersama kehadiran 38 Provinsi lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Babak Kualifikasi PON XXI/2024 Provinsi Papua Tengah, Nalio Jangkup menyampaikan bahwa babak kualifikasi ini merupakan suatu penghargaan bagi Kabupaten Mimika yang telah dipercayakan sebagai tuan rumah.

“Melalui proses ini diharapkan menjadi pengalaman bagi kami, sehingga kami pun sampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak,” ucapnya.

Sebelumnya saat menggelar konferensi pers, Direktur Kompetisi PSSI, Albinus Laurent yang didampingi Ketua Panitia Cabor Futsal Natalis Bugaleng menjelaskan bahwa pada pembukaan, tim futsal putra Papua Tengah akan berhadapan dengan Papua pegunungan.

"Untuk persiapan sudah tuntas," kata Albinus.

Dijelaskan format pemain yang akan bertanding masing-masing tiga tim baik putra maupun putri. Peserta yang mengikuti babak kualifikasi Cabor Futsal hanya tiga Provinsi, karena dari Papua Barat Daya hanya mengikuti Cabor sepakbola putra dan putri.

"Jadi Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua Pegunungan dengan sistem setengah kompetisi, yang menang akan lolos ke PON Aceh-Sumut," jelasnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy