SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Maluku Satu Rasa Salam Sarane Indonesia (M1R SSI) Kabupaten Mimika resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua DPD M1R Salam Sarane Provinsi Papua, Dr Samsul Tamher, SH, MH yang digelar di Hotel Cendrawasih 66, Sabtu (13/1/2024).

Pelantikan ditandai dengan pembacaan naskah pelantikan dan prosesi pengukuhan penyerahan pataka oleh Ketua DPD M1R Salam Sarane Provinsi Papua, Dr Samsul Tamher, SH, MH kepada DPW M1R Salam Sarane Kabupaten Mimika terpilih Stevi Mairuhu.

Pelantikan turut disaksikan oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob dan pimpinan Forkopimda Mimika serta tamu undangan lainnya dengan mengusung Tema mewujudkan “Pemuda Pemudi, Maluku Dalam Rasa Salam Sarane Indonesia, Yang Bersatu Dalam Keberagaman dan Persaudaraan Salam Sarane Berdasarkan Pela Gandong  di bumi Amungsa”.

 

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob dalam sambutannya mengatakan, kemungkinan banyak Pemuda dan Pemudi Maluku yang belum mengenal adanya organisasi M1R SSI ini, akan tetapi dengan keinginan yang sangat luar biasa sehingga mampu mengumpulkan anak-anak Maluku dengan satu rasa untuk bersama-sama membangun Mimika.

“Dengan terbentuknya dan pelantikan hari ini maka secara resmi organisasi M1R berdiri di Mimika, dengan begitu saya berharap secara kepengurusan dan administrasi agar bisa terus melaporkan semua kegiatannya ke Kesbangpol agar senantiasa tercatat,” ujarnya.

Untuk itu, ia  juga sangat berharap dengan adanya pelantikan ini seluruh anak-anak Maluku memiliki rasa yang satu tetap tampil dengan dedikasi yang luar biasa dan integritas.

“Saya juga anak Maluku, sehingga saya harap anak-anak muda Maluku harus punya integritas, harus tetap bisa merangkul satu sama lain, harus pegang teguh persaudaraan sehingga semboyan Maluku bukan hanya di bibir, namun bisa dipraktikkan dalam kehidupan di Mimika,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD Maluku Satu Rasa Salam Sarane Provinsi Papua Dr Samsul Tamher, SH, MH menjelaskan bahwa organisasi ini bergerak dengan visi untuk mewujudkan Maluku satu rasa yang tangguh, mandiri, terampil, berakhlak, berkualitas untuk menjaga keutuhan NKRI, serta menjaga dan mempererat tali persaudaraan antara pemuda pemudi salam sarane berdasarkan budaya ‘pela gandong'.

“Dengan semboyan iris di kuku rasa di daging mewujudkan ikatan batin pemuda pemudi Maluku satu rasa salam sarane untuk menjaga perdamaian keharmonisan serta saling menghargai dan menghormati antara satu dengan yang lain,” terangnya.

Menurutnya, organisasi ini juga ikut mendorong mengembangkan serta membesarkan martabat kehidupan berbangsa dan bernegara, dan M1R itu sendiri mampu menghimpun dan mampu mengembangkan persaudaraan yang dijalankan berdasarkan nilai-nilai Pancasila yang bermartabat, bersatu dan berdaya guna.

Lanjutnya, organisasi yang dibentuk dengan gagasan yang sederhana berdiri pada 6 April 2018 dan berkembang sampai di daerah Timur terkhusus di Provinsi Papua, yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan kini hadir di Mimika.

“Saya berharap ketua terpilih dapat merangkul semua anggota dan pemuda-pemuda yang ada di Mimika dan dapat melangsungkan program-program kerjanya,” harapnya.

Selanjutnya DPW M1R Salam Sarane Kabupaten Mimika terpilih, Stevi Mairuhu dalam sambutannya mengatakan, sebagai ketua terpilih ia menyadari betapa besarnya amanah yang telah diberikan kepadanya, sehingga tanggung jawab  dalam visi dan misi untuk membangun organisasi bisa dilakukan bersama-sama.

“Saya berjanji untuk melakukan yang terbaik untuk menjaga dan meningkatkan prestasi yang telah dicapai sejauh ini dalam mengembangkan tugas. Sebagai Ketua, saya menyadari bahwa sinergi dan kolaborasi antar anggota sangatlah penting oleh karena itu mari kita bersama-sama membangun fondasi yang kokoh,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Acik