SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tahun ini pemerintah Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, berkomitmen untuk terus mendorong pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pembinaan khusus pelaku UMKM lokal ini merupakan upaya untuk terus mengangkat kebudayaan dan adat suku asli.

Lurah Kamoro Jaya, Musdhalifah saat ditemui salampapua.com mengaku bahwa sebagai contoh hingga saat ini ada 10 pelaku UMKM khusus pengrajin anyaman dan ukiran yang dibina. 10 pelaku UMKM yang merupakan masyarakat asli Kamoro tersebut telah mengikuti beberapa event tingkat Kabupaten hingga ke luar Mimika.

"Untuk mengembangkan UMKM ini kita juga butuh kolaborasi bersama pihak swasta. Ada 10 pelaku UMKM sanggar anyaman dan ukiran yang selalu mengikuti event sampai keluar Timika, semuanya sanggar asli orang Kamoro," ungkap Musdalifa, Jumat (19/1/2024).

Selain kelompok pengrajin lokal, Kelurahan Kamoro Jaya juga membina beberapa kelompok tani dalam upaya peningkatan bidang pertanian. Demikian juga dengan pelaku usaha lainnya, seperti usaha pengolahan tahu, tempe dan pengolahan pangan lainnya.

"Pembinaan kelompok-kelompok itu, selalu kita kolaborasi bersama dinas terkait seperti Ketahanan Pangan," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk program di tahun 2024 akan difokuskan pada hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) bersama 55 RT yang kemudian hasil Musrenbang tersebut didorong ke Musrenbang tingkat Distrik.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya dimulai dengan Musrenbang dan mengusulkan 140 program, baik untuk peningkatan jalan, drainase dan hal lainnya," tuturnya.

Dari 140 program yang didorong tahun sebelumnya, terealisasi kurang lebih dari 70%. Salah satu program yang terealisasi di tahun 2023 berupa pembangunan air bersih, sehingga saat ini mulai berjalan pemasangan instalasi penyaluran ke kurang-lebih 800 rumah warga dan diharapkan hingga awal Februari 2024, ratusan rumah warga itu dapat menikmati air bersih.

"Makanya sebagai pemerintahan Kelurahan, kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Mimika yang sudah merealisasikan usulan kami di wilayah Kamoro Jaya," ujarnya.

Penulis : Acik

Editor: Jimmy