SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi kesiapan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yang diselenggarakan di Hotel Grand Tembaga Timika, Sabtu (20/1/2024).

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Mimika, Yan Selamat Purba melalui Kepala Bidang Bina Politik Dalam Negeri pada Badan Kesbangpol Mimika, Lukas Luli Lasan mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan mengingat Pemilu 2024 segera dilaksanakan.

“Pemilu kan sudah tinggal beberapa minggu, jadi kami yang diberikan amanat dari Pusat untuk juga memastikan Pemilu berjalan aman di Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam sosialisasi ini pihaknya mengundang semua Kepala Distrik se-Kabupaten Mimika, serta mengundang narasumber dari unsur KPU Mimika, Bawaslu Mimika dan TNI-Polri.

“Kami mengundang semua Kepala Distrik yang diberikan pemahaman bagaimana tahapan Pemilu ini bisa berjalan dengan aman dan bermartabat. Kita berikan materi kepada Kadistrik sebab Kadistrik yang mengenal bagaimana masyarakat dan daerahnya,” jelasnya.

Dalam sosialisasi ini semua Distrik diminta menyediakan sarana dan prasarana untuk dijadikan tempat pelaksanaan Pemilu. Bahkan dalam sosialisasi Kadistrik diberi pemahaman bagaimana menghadapi pelanggaran-pelanggaran pada saat pelaksanaan Pemilu.

“Pasca terjadinya pergantian Kepala Distrik maka kami memberikan kembali sosialisasi dimana setiap Distrik menyiapkan lokasi atau gedung untuk pencoblosan. Kami juga membentuk desk Pemilu, sehingga kita bisa pantau jangan sampai Pemilu ini ada hambatannya,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy