SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kabupaten Mimika, yang digelar di salah satu Hotel di Timika, Senin (29/1/2024).

Komisioner KPU Mimika Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Fidelis Piligame mengatakan, Bimtek tersebut digelar dalam rangka persiapan dan pemantapan kegiatan pemungutan serta penghitungan suara bagi anggota KPPS yang akan bertugas dalam Pemilu 2024.

“Jadi dalam Bimtek ini sesi pertama kita berikan materi tentang tugas dan wewenang KPPS serta sesi kedua kita langsung lakukan praktik tatacara pengisian berita acara perhitungan surat suara,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Bimtek dibagi dalam beberapa kelompok dimana satu kelompok atau zona terdiri dari 540 peserta tiap harinya dan Bimtek telah berjalan selama 4 hari.

“Untuk satu ruangan kita targetkan 270 peserta, ini juga aturan dari KPU RI. Jadi yang menerima materi bisa menyerap dengan maksimal,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk Pemilu tahun ini sudah menggunakan aplikasi. Jadi tatacara saat perekapan suara KPPS langsung memotret hasil rekapan suara dan mengupload ke aplikasi Sirekap sehingga hasil perekapan suara dapat terbaca oleh KPU RI dan tidak dapat diedit lagi.

“Kami berharap dengan Bimtek dan sistem yang dipakai pada tahapan Pemilu ini dapat berjalan dengan baik tanpa ada kecurangan, sehingga ada kepuasan publik terhadap Pemilu kali ini,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy