SALAM PAPUA (TIMIKA) – Organisasi Jurnalis Perempuan Mimika (JPM) masa jabatan 2023-2025 secara resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika Robert Kambu, yang digelar di Hotel Grand Tembaga Timika, Rabu (17/1/2024).

Pelantikan dan pengukuhan ini juga dihadiri Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika Yan Selamat Purba dan Kasubag Humas pada Bagian Humas dan Protokol Setda Mimika Kristin Walelang.

Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika, Robert Kambu mengatakan, Jurnalis memiliki tugas penting dalam pembangunan daerah lewat pemberitaan yang konstruktif dan inspiratif. Selain itu, Jurnalis juga merupakan mitra bagi Pemkab Mimika dalam menjalankan dan menyampaikan program-program kerja kepada masyarakat secara efektif.

“Dari pengukuhan ini kiranya semakin menguatkan semangat para jurnalis untuk menyampaikan informasi secara berimbang, harus menyuguhkan dan menyajikan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik terlebih tentang Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan adanya JPM di Kabupaten Mimika dapat bersinergi dengan mempublikasikan program-program Pemkab Mimika untuk mewujudkan Mimika bangkit, adil dan sejahtera.

“Saya juga berharap JPM terus jalin kemitraan dan kerjasama yang selama ini telah ada terus ditingkatkan, sebab seluruh wartawan adalah mitra pemerintah dalam pemberitaan,” harapnya.

Sementara itu Kepala Bakesbangpol Kabupaten Mimika, Yan Selamat Purba meminta kepada semua pengurus JPM untuk segera menginput dokumen-dokumen kepengurusan JPM pada Kesbangpol sebab Kesbangpol Mimika merupakan rumah bagi semua organisasi di Mimika.

“Saya senang sekali akhirnya JPM bisa berdiri, selama ini kita selalu mendorong di dalam organisasi harus ada 30 persen perwakilan perempuan, tapi sekarang kita lihat JPM bisa berdiri,” ujarnya.

Yan juga mendorong untuk supaya JPM bisa terus berkarya di dalam pemberitaan, terutama tahun ini merupakan tahun Pemilu sehingga JPM bisa terus memberikan dan memviralkan semua proses tahapan Pemilu.

“Saya berharap JPM bisa ikut membantu meningkatkan angka partisipasi Pemilu di Kabupaten Mimika, karena (surat suara pada) Pemilu kali ini tidak menggunakan foto, jadi saya berharap JPM bisa ikut memberitakan simulasi pencoblosan sehingga masyarakat tidak bingung saat pemilihan,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy