SALAM PAPUA (TIMIKA) - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, pemilih pemula (first voters) mengaku masih kebingungan dalam pencoblosan surat suara.

Salah satu pemilih pemula asal SMA Negeri 1 Timika kelas III IPS, Kumara Santi mengaku dirinya masih binggung untuk pemilihan nanti, dan dirinya pun belum menentukan pilihannya.

“Saya hanya lihat di sosial media (Sosmed) saja bagaimana cara-cara mencoblos, untuk memilih juga saya belum pastikan mau memilih siapa,” ujarnya kepada salampapua.com, Kamis (18/1/2024).

Menurutnya saat pemilihan nanti yang ia bingungkan karena tidak adanya foto para Caleg di kertas surat suara tersebut.

“Kita lihat di Sosmedkan, di kertas surat suara nanti itu tidak ada fotonya, sedangkan yang kita lihat di baliho-baliho ada fotonya, mungkin nanti kita sedikit bingung,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu pemilih pemula asal SMA Taruna Muhamad Rezki mengatakan, meskipun dirinya masih bingung untuk tata cara memilih namun dirinya tetap akan memilih saat waktu Pemilu tiba.

“Sebenarnya kebanyakan dari teman-teman yang sudah punya KTP ini masih bingung caranya coblos, tapi yah karena ini pengalaman pertama kita tetap memilih nantinya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pihak KPU pernah mengunjungi sekolahnya, namun tidak menjelaskan tatacara pemilihan, hanya menjelaskan tentang pelanggaran Pemilu.

“Pernah dari KPU atau dari mana begitu datang ke sekolah, yang jelas mereka datang menjelaskan tentang Pemilu, tapi mereka tidak mengajarkan bagaimana tatacaranya saat kita coblos nanti,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy