SALAM PAPUA (TIMIKA) – Setelah menahan imbang 1-1 atas tim sepakbola putra Papua Tengah, yang berlangsung di Stadion Wania Imipi, Mimika, Papua Tengah, Minggu (28/1/2024), tim Papua Pegunungan dinyatakan lolos ke PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

Awalnya tim sepakbola Putra Papua Tengah unggul melalui gol bunuh diri pemain Papua Pegunungan Ndwai Erikson Wandik (13) di menit ke-18 babak pertama.

Tak mengenal menyerah, tim Papua Pegunungan tampil menyerang dan selalu menekan pertahanan Papua Tengah. Alhasil, di menit ke-40 babak pertama, pemain Papua Pegunungan Tirie Adriano Manuri (7) melalui tendangan keras dan apik dari luar kotak penalti mampu menggetarkan gawang Papua Tengah. Skor pun imbang 1-1 hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, tim Papua Tengah tampak berupaya untuk mencetak gol pada pertandingan maut tersebut, karena jika tim Papua Tengah berhasil memenangkan pertandingan ini, akan meraih tiket ke PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Namun sayang, hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir, skor tetap bertahan imbang 1-1.

Dengan hasil ini, tim Papua Pegunungan berhasil lolos ke PON XXI/2024 Aceh-Sumut 2024, dimana sebelumnya menang telak atas tim Papua Selatan 7-1 dan ditahan imbang tim Papua Barat Daya 1-1. Sementara tim Papua Tengah hanya menang tipis atas tim Papua Barat Daya 2-1, dan imbang saat melawan tim Papua Selatan 2-2 dan Papua Pegunungan 1-1.

Head Coach tim sepakbola Putra Papua Pegunungan, Sahala Saragi menyampaikan rasa syukurnya kepada Tuhan dapat mencapai target yang diberikan Pj Gubernur Papua Pegunungan dan Dandim 1702/Jayawijaya yang harus lolos ke PON Aceh-Sumut 2024 dan menurut dia hal itu terbukti dari hasil kerja keras anak-anak asuhannya.

Dirinya pun menyampaikan terima kasihnya kepada Pj Gubernur Papua Pegunungan, Dandim 1702/Jayawijaya, dan semua masyarakat Papua Pegunungan yang telah memberi support.

"Puji Tuhan walaupun sebenarnya dari hasil tadi kita kurang puas, banyak peluang namun tidak gol, tapi itulah sepakbola meskipun hasil imbang Papua Pegunungan tetap lolos ke PON Aceh-Sumut 2024 mewakili 4 DOB Papua Raya. Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami. Ini semua hasil kerja keras kita hingga berhasil pada titik ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kontingen Papua Pegunungan ke laga kualifikasi PON XXI 4 DOB Papua Raya, yang juga Dandim 1702/Jayawijaya, Letkol Cpn Athenius Murip menyampaikan terima kasihnya secara khusus kepada 8 Kabupaten atas semua dukungan dan doa yang diberikan kepada tim Cabor Futsal Putra-Putri dan sepakbola Putra-Putri.

Dengan mendapatkan tiket ke PON XXI, Dia mengungkapkan untuk langkah selanjutnya akan mempersiapkan timnya agar lebih baik lagi dalam menghadapi pertandingan di PON XXI mendatang.

"Kemarin terlebih dahulu tim Futsal Putra-Putri, sekarang tim sepakbola Putra kami lolos mewakili 4 DOB Papua Raya ke PON XXI Aceh-Sumut. Ini untuk pertama kali kita masuk ke PON. Kita masih menunggu lagi Tim sepakbola Putri,” tuturnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy