SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Mimika, George M Randang menyampaikan ada beberapa program yang akan dilakukan Basarnas Mimika pada tahun 2024 ini, yang mana salah satunya memberikan pelatihan berbasis pertolongan pertama kepada masyarakat.

“Tahun ini kita buat program untuk masyarakat, sekitar 50 peserta yang kita undang, tapi yang kita ambil ini yang benar-benar ada di wilayahnya. Contohnya kita ambil dari perwakilan RT atau dari komunitas serta paguyuban,” ujarnya kepada salampapua.com, Selasa (23/1/2024).

Pelatihan yang akan diberikan kepada masyarakat tersebut berupa pelatihan dasar serta program prioritas Nasional tentang kemasyarakatan.

“Pelatihan ini kita perbanyak pelatihan teknisnya, teknik-teknik dasar, respond pertama saat terjadinya kecelakaan, teknik pertolongan di darat dan pertolongan di air,” jelasnya.

Menurutnya program ini juga sebagai bukti Basarnas dapat memperdayakan masyarakat dalam hal pertolongan pertama pada kecelakaan dan korban bencana sehingga seseorang di wilayah tersebut dapat menjadi Satgas pertolongan pertama.

“Kalau pelatihan ini nantinya dapat diikuti dan dipahami, saya yakin dapat berguna ke depannya. Walapun kami berharap jangan ada terjadi kecelakaan namun tindakan ini dapat meminimalisir hal-hal besar lainnya,” ungkapanya.

Yang terpenting, kata George, pada pelatihan ini akan diberikan sertifikat dari Basarnas, sehingga masyarakat benar-benar percaya bahwa yang mengikuti pelatihan benar-benar kompeten dalam memberikan pertolongan.

“Jadi pelatihan ini benar-benar kami berikan atas petunjuk dari Basarnas Pusat, sebab ini merupakan program besar dari Basarnas Pusat,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy