SALAM PAPUA (TIMIKA) – Atlet futsal Putra dan Putri perwakilan Provinsi Papua Pegunungan siap bertanding pada ajang Pra-PON XXI Aceh yang akan diselenggarakan tanggal 24-31 Januari 2024 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

"Sekarang persiapan kami masuk minggu kedua karena kami sudah lakukan persiapan selama satu Minggu di Wamena dan hari ini kami lakukan latihan di Timika," ungkap Pelatih Kepala Tim Futsal Putra Papua Pegunungan, Theo Balubun saat memantau latihan di GOR Futsal Timika, Jalan SP2-SP5 Timika, Senin (22/1/2024).

Theo mengaku perkembangan futsal di wilayah Papua Pegunungan tergolong lambat dan saat ini merupakan turnamen perdana bagi anak-anak asuhnya. Untuk persoalan fisik, pemain asal Papua Pegunungan sangat bagus, namun yang harus terus didorong adalah mental dan kemampuan bermain.

"Ini merupakan pengalaman pertama bagi pemain-pemain kami untuk turnamen futsal, tetapi kami targetkan lolos kualifikasi. Tim Putra ada 14 pemain dan 6 oficial,” kata pelatih yang telah mengantongi lisensi Level 2 FC ini.

Hal yang sama juga disampaikan Pelatih Tim Futsal Putri Papua Pegunungan, Nelson Piter Rumaropen.

Mantan pesepakbola Indonesia ini mengaku seleksi pemain Putri dilakukan tanggal 10 Desember 2023 yang terjaring dari 8 Kabupaten, namun yang masuk kategori untuk ikuti Pra-PON ini hanya 7 Kabupaten.

"Memang waktunya mepet tapi kita sebagai pengurus dan pelatih harus semaksimal mungkin untuk menghadapi pertandingan ini. Siap atau tidak siap kami harus siap dan ikut bertanding," ujar Piter.

Ia juga mengaku bahwa pemain-pemain Putri sama sekali belum pernah mengikuti turnamen besar, namun ada beberapa di antaranya yang pernah mengikuti turnamen antar kampus.

"Tim kami benar-benar baru ikuti turnamen tapi kami yakin bisa lolos. Mental dan fisik pemain-pemain cukup baik dan bisa untuk menguasai bola selama 2 kali 20 menit," katanya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy