SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tim sepakbola Putri Papua Pegunungan berhasil mengalahkan tim Papua Selatan dalam lanjutan babak kualifikasi PON XXI di 4 Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Raya, yang berlangsung di Stadion Wania Imipi, Mimika, Papua Tengah, Sabtu (27/1/2024).

Gol pertama tim Putri Papua Pegunungan dicetak pada menit ke-21 oleh Yunice Vakage (28), dan skor menjadi 0-1. Skor ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, tendangan Akudiana Tebay (19) di menit ke-79 menambah pundi-pundi gol kedua bagi tim Papua Pegunungan. Skor 2-0 untuk keunggulan tim Papua Pegunungan.

Di menit ke-86, Papua Pegunungan kembali membobol gawang Papua Selatan melalui tendangan bebas Beatry Rumaseb (89) dari luar kotak penalti. Skor pun berubah menjadi 0-3 hingga babak kedua berakhir untuk kemenangan tim Papua Pegunungan.

Head Coach tim Putri Papua Selatan, Andang mengatakan, secara materi Papua Pegunungan sangat siap menghadapi pertandingan ini.

“Kami mengucapkan selamat untuk Tim Papua Pegunungan yang berhasil memenangkan pertandingan,” ujarnya.

Ia pun memberikan masukkan kepada panitia agar pelaksanaan pertandingan dapat dilakukan lebih sore di pukul 15.30 WIT, mengingat cuaca di Timika pada pukul 15.00 WIT terlalu panas.

"Tadi saya sudah berkoordinasi dengan match com (pengawas pertandingan, Red), kalau bisa pertandingan berikutnya untuk partai putri bisa dimajukan ke pukul 15.30 WIT, kasihan banyak pemain menjadi  korban karena terlalu terik,” ungkapnya.

Sementara itu Head Coach Tim Papua Pegunungan, Jimmy Saputro bersyukur kepada Tuhan atas kemenangan timnya. Ia mengatakan kemenangan ini dipersembahkan kepada semua masyarakat Papua Pegunungan, terutama bagi keluarga dari para pemain yang terus memberikan support serta official dan tim pelatih.

"Kami apresiasi lawan juga cukup baik, tapi anak-anak (tim Papua Pegunungan) mau kerja keras, sehingga lewat kerja keras itu mereka bisa dapat hasil yang baik. Biarlah kemenangan ini menjadi awal yang baik buat kami dan tetap konsentrasi untuk pertandingan berikutnya melawan Papua Tengah," kata Jimmy.

Kapten tim Papua Pegunungan, Regina Wonda menyampaikan terima kasihnya atas koordinasi yang terjadi sesama pemain di lapangan, meski ia mengaku masih kurang dalam komunikasi.

"Karena panas jadi kami kurang komunikasi. Nanti dipertandingan berikutnya kami akan banyak komunikasi lagi untuk memperbaiki permainan seperti semula lagi," jelasnya.

Dengan kemenangan tim putri Papua Pegunungan berada diperingkat pertama klasemen sementara dengan perolehan 3 poin. Posisi kedua ada Papua Tengah dengan poin sama, sementara Papua Selatan di posisi terakhir dengan poin 0.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy