SALAM PAPUA (TIMIKA) – Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob mengaku kecewa setelah menerima laporan bahwa Pemkab Mimika tidak melaksanakan apel pagi bersama pada tanggal 22 Januari 2024.

Menurut dia, sudah ada komitmen sejak lama dimana apel gabungan wajib dilaksanakan setiap hari Senin dan setiap hari juga wajib diadakan apel di masing-masing OPD.

Setelah diselidiki, ternyata ada pimpinan OPD yang menginstruksikan tidak ada apel pagi di hari itu. Jika demikian, dia mempertanyakan terkait kedisiplinan ASN di Mimika? Padahal kedisiplinan seorang pegawai ASN itu juga diukur dengan hal-hal kecil seperti kehadiran apel gabungan di hari Senin.

“Senin kemarin memang saya tidak bisa hadir untuk apel bersama di Puspem karena ada kerabat saya yang meninggal dunia. Saya terima pesan WhatsApp bahwa hari Senin itu tidak ada apel gabungan dan tidak ada juga pegawai yang datang. Ini kenapa? Bahkan apel pagi di setiap OPD sekarang ini sudah tidak ada,” ungkapnya.

Wabup John pun mengaku sangat heran ada pimpinan OPD yang tidak mempunyai dedikasi dan integritas, sehingga menginstruksikan bawahannya tidak ada apel pagi pada hari Senin yang lalu.

“Kalau pimpinan-pimpinan OPD yang tidak punya integritas dan tidak mempunyai kemampuan dalam kepemimpinan, harus mundur dari jabatan. Apalagi sikap tersebut hanya karena takut kepada pimpinan dan menganggap biar loyal kepada pimpinan,” tegasnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy