SALAM PAPUA (TIMIKA) – Warga Timika keluhkan banyaknya lampu jalan yang tidak berfungsi sebagai penerang saat malam hari di jalan Belibis.

Beberapa warga yang bermukim di sekitar jalan yang terletak dalam pusat kota Kabupaten Mimika tersebut mengaku bahwa akibat banyaknya lampu jalan yang tidak berfungsi, maka sering terjadi kecelakaan, baik antar kendaraan maupun yang menimpa pejalan kaki.

“ Lampu jalan hanya beberapa saja yang menyala. Dari lampu merah Bank Papua sampai di depan Bank Mandiri lumayan terang, karena ada sekitar  enam lampu jalan yang berfungsi, tapi dari depan Bank Mandiri sampai ke bundaran Timika Indah, sangat gelap. Kondisi seperti ini sudah lama sekali, makanya sering terjadi kecelakaan,” ungkap Arif Rahman yang merupakan warga Jalan  Belibis kepada Salampapua.com, Kamis (11/1/2024).

Hal yang sama juga disampaikan warga lainnya atas nama Sopian. Pengusaha kuliner ini mengatakan bahwa kondisi tersebut tentunya memberi kesempatan bagi pelaku  begal dan kejahatan lainnya yang bisa merugikan banyak orang.

“Sudah pernah ada warga yang dibegal pas depan Bank Mandiri, pelaku begal lari ke arah bundaran Timika Indah, tetapi korban dan warga sekitar TKP tidak bisa mengejar, karena kondisi jalan sangat gelap,” katanya.

Karena itu, ia meminta  perhatian pemerintah ataupun instansi lainnya supaya  beberapa lampu jalan yang rusak  segera  diperbaiki dan berfungsi kembali.

“Kita tidak tahu ini tanggung jawab pemerintah atau PLN, yang jelas kalau memang rusak tolong diperbaiki,” katanya.

Penulis/editor: Acik