SALAM PAPUA (TIMIKA) - 928 personel gabungan TNI-Polri siap mengamankan 1006 tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu tanggal 14 Februari 2024 yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Mimika.

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra mengungkapkan bahwa jumlah personel gabungan yang disiapkan untuk pengamanan TPS sebanyak 438 anggota Polri, 400 anggota TNI organik maupun BKO dan anggota Brimob sebanyak 90 personel.

"Hari ini kita laksanakan apel gelar pasukan ini untuk memeriksa kesiapan terakhir, baik personel maupun sarana dan prasarana khususnya," ungkap AKBP Putra usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Berkata Cartenz 2023-2024 Polres Mimika Dalam Rangka Sarpras Dan Pengamanan Pemungutan Suara Pemilu 2024 Wilayah Mimika, di halaman Mako Polres di Mile 32, Jumat (9/2/2024).

Pemetaan wilayah rawan dan sangat rawan diklasifikasikan serta di masing-masing wilayah memiliki  karakteristik berbeda-beda, sehingga treatment pengamannya pun berbeda, dimana indikator paling rawan termasuk sulitnya akses transportasi, sarana komunikasi serta tidak adanya keamanan yang bertugas.

"Khusus tiga wilayah itu akan diberikan perlakuan khusus dalam metode pengamanan karena tidak bisa disamakan dengan daerah lainnya. Untuk di wilayah rawan itu pastinya akan ada penebalan pengamanan," jelasnya.

Wilayah potensi kerawanan dalam kota juga telah dipetakan sehingga diharapkan seluruh masyarakat dapat turut menjaga kelancaran pelaksanaan agenda nasional ini agar berjalan aman.

"Potensi-potensi masalah untuk di wilayah kota juga saat ini sudah mulai, karena persoalan titik TPS dan yang lainnya," tutupnya.

Penulis : Acik

Editor: Jimmy