SALAM PAPUA (TIMIKA) - Petugas penghubung Polisi Selandia Baru (News Zealand Police Liaison Officer) Mr. Paull Borrel melakukan kunjungan kerja ke Polda Papua untuk bertemu Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri dan Kepala Operasi Damai Cartenz-2024 Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani guna membahas upaya pembebasan Pilot Susi Air Capten Philip Mark Marthin yang disandera kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya pada 7 Februari 2023 lalu.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, petugas penasihat kebijakan Selandia Baru (New Zealand policy adviser officer) Awan Poesoro dan pejabat utama Polda Papua yang juga pejabat utama Ops Damai Cartenz-2024.

"Kami telah membuat Operasi Khusus untuk pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merhtens dengan sandi, Operasi Paro. Hal ini adalah bentuk keseriusan Polri," ungkap Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri di hadapan Mr. Paull Borrel.

Melalui rilis Humas Polda Papua kepada salampapua.com, Senin (26/2/2024), Irjen Pol Mathius D. Fakhiri  juga menyampaikan kepada pemerintah New Zealand agar tidak terbujuk oleh propaganda Benny Wenda dan Veronica Koman maupun tokoh-tokoh KKB serta Kelompok Kriminal Politik (KKP) lainnya. Sebab Benny Wenda dan Veronica Koman maupun tokoh-tokoh dari Kelompok KKB maupun KKP lainnya adalah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kami berharap agar pemerintah New Zealand dapat memberikan kepercayaan kepada kami Pemerintah Republik Indonesia khususnya Polda Papua dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 untuk membebaskan kapten Philip Mark Merhtens," tutur Kapolda.

Sedangkan Ka Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani mengatakan bahwa keselamatan Pilot adalah yang paling penting sehingga pihaknya masih mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach.

“Kami selalu berusaha membuka ruang komunikasi agar Pilot dapat segera dibebaskan dan pilihan penegakan hukum adalah pilihan terakhir yang dapat kami ambil untuk membebaskan kapten Philip Mark Merhtens,” pungkas Ka Ops Damai Cartenz-2024.

Sementara New Zealand Police Liaison Officer, Mr. Paull Borrel memberikan apresiasinya kepada pemerintah Republik Indonesia khususnya Polda Papua dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 yang mana selama 1 tahun telah bekerja keras untuk melakukan upaya pembebasan pilot Susi Air.

“Kami mempercayakan upaya pembebasan pilot kepada Pemerintah RI dan kami juga memohon maaf apabila karena pembebasan pilot, terdapat aparat Polri yang gugur dalam tugas," ujar Mr. Paull Borrel.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy