SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kampung (Pemkam) Tipuka bersama PT. Freeport Indonesia (PTFI) telah berkomitmen untuk membangun rumah layak huni bagi warga kurang mampu di Kampung Tipuka, Distrik Mimika Timur, Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Kepala Kampung Tipuka, Hironimus Urmami mengungkapkan bahwa hingga saat ini terdata sebanyak 115 kepala keluarga (KK) yang belum memiliki rumah dan menumpang bersama orang tua ataupun kerabat.

“Kami sudah berkomitmen dengan pihak AMDAL PT Freeport Indonesia dan Pemda Mimika bahwa  pada awal Januari 2024 untuk melakukan pembangunan rumah layak huni di Tipuka. Itu yang selalu saya syukuri saat ini dan saya ucapkan terima kasih kepada PT Freeport Indonesia,” ungkap Hironimus, Jumat (23/2/2024).

Hironimus menjelaskan, proses pembangunan akan dibahas lebih lanjut pada bulan Maret 2024 mendatang. Selain itu, PTFI juga berencana untuk membantu warga Tipuka dengan memberikan perahu Fiber guna meningkatkan ekonomi warga. Dan yang lebih diapresiasi ialah PTFI juga bersedia membangun rumah transit bagi anak-anak SD di Tipuka untuk sarapan pagi dan makan siang.

"Ini membuktikan Freeport benar-benar ada untuk masyarakat, karena anak-anak sekolah di Tipuka ini terkadang pergi sekolah dalam kondisi belum sarapan,” jelasnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy