SALAM PAPUA (TIMIKA) - Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob bersama istri Susi Herawaty Rettob dan keluarga memberi hak suaranya di TPS 06 Kelurahan Pasar Sentral Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Rabu (14/2/2024).

Wabup John Rettob bersama istri dan keluarga tampak hadir di TPS sekitar pukul 10.07 WIT untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024). Saat di TPS, petugas KPPS langsung memberikan surat suara, kemudian ikut antrean menunggu bersama pemilih lainnya, sebelum namanya disebut oleh petugas di TPS.

Wabup John setelah melakukan pencoblosan surat suara menggungkapkan, TPS 06 yang didatangi sangat jauh dari tempat tinggalnya, namun karena namanya tercantum sebagai DPT pada TPS tersebut, ia dan keluarganya pun tetap harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

“Saya juga tidak dapat undangan, jadi karena pakai e-KTP saya tadi antre saja. Ini memang tidak masalah, namun yang saya temui kondisinya TPS-nya berpindah padahal di depan rumah saya ada TPS,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dari kondisi yang ia sendiri lihat saat ini di lapangan, antusias masyarakat untuk memilih cukup tinggi, sehingga ia pun berharap agar presentasi antusiasme masyarakat Mimika di Pemilu 2024 bisa naik.

“Periode lalu (tahun 2019) presentasi Pemilu hanya 69 persen (masyarakat Mimika yang menggunakan hak pilihnya), sehingga kami berharap antusias masyarakat bisa naik di Pemilu kali ini. Karena kalau masyarakat tidak berpartisipasi maka ada kemungkinan hak suaranya dipakai orang lain,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pada H-1 Pemilu 2024, dirinya juga telah mengunjungi dan melihat langsung kesiapan setiap TPS di Timika.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy