SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Mimika, H. Dwi Cholifah mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XII tingkat Kabupaten pada tanggal 1-3 Maret 2024 mendatang.

“Kami sudah dalam tahapan pendaftaran untuk MTQ tingkat Kabupaten, dan pendaftaran tidak dipungut biaya,” ujarnya, Senin (19/2/2024).

Ia menjelaskan, perlombaan akan dilakukan dengan berbagai kategori, yaitu Tilawah Al Qur’an, Hifazh Al Qur’an, Syarh dan Fahmi Al Qur’an, Seni Kaligrafi Al Qur’an dan Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an (KTIQ).

“Kita buat lima perlombaan yang akan terbagi kategori Putra dan Putri di setiap cabangnya. Saat ini peserta sudah banyak, sudah seratus lebih, karena kita langsung tingkat Kabupaten. Seharusnya memang kita lakukan dulu lomba tingkat Distrik, jadi ini kita jadikan pembelajaran, tahun berikutnya kita lakukan perlombaan tingkat Distrik,” ungkapnya.

Menurutnya, perlombaan ini dilakukan juga sebagai persiapan Kabupaten Mimika menjadi tuan rumah dalam perlombaan MTQ tingkat Provinsi se-Papua tahun 2024 dengan target Kabupaten Mimika mendapat juara.

“Jadi karena Kabupaten Mimika akan menjadi tuan rumah untuk perlombaan MTQ tingkat Provinsi se-Papua, maka yang menang nantinya akan kita bina hingga waktu perlombaan MTQ tingkat Provinsi kita laksanakan, karena target kita menyukseskan MTQ Provinsi, kita juga harus mendapatkan juara,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy