SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mimika memperingati hari ulang tahun ke-52 Basarnas dengan melakukan apel gabungan bersama semua unsur Potensi, di halaman Kantor Basarnas Mimika, Selasa (29/2/2024).

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-52 Basarnas RI mengambil tema “Satu Jiwa Satu Rasa” Peringatan HUT ini dilaksanakan semua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Basarnas se-Indonesia.

Kepala Basarnas Mimika George M Randang  mengatakan, pelaksanaan peringatan HUT ke-52 ini di amanatkan langsung dari Basarnas RI Pusat.

“Untuk di usia lebih dari satu dekade ini kami telah menangani banyak sekali kasus kecelakaan, ini bukti bahwa Basarnas bersama unsur-unsur potensi seperti TNI/Polri, Pemerintah Daerah dan pihak Perusahaan terus berkolaborasi dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, di umur ke-52 ini Basarnas Timika berharap adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana-prasarana di Mimika, sebab menangani setiap kasus kecelakaan di manapun wilayahnya, dibutuhkan SDM dan alat yang handal.

“Namun kita di Timika terus melakukan penyesuaian dari apa yang kita dapati di lapangan,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, untuk tahun ini Basarnar akan memberikan program terkait pencegahan dan edukasi terhadap semua kecelakaan, dari kecelakaan di laut hingga darat.

“Kami akan memberikan edukasi kepada masyatakat luas terkait bagaimana safety ini perlu ada di setiap wilayah, sehingga safety ini menjadi kepentingan pertama bagi semua pihak, karena kebanyakan kecelakaan itu tidak memiliki safety yang baik,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy