SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika bersama jajaran kepolisian dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Mimika melakukan penjagaan di setiap gereja di Timika pada pelaksanaan Ibadah Jumat Agung dan Paskah tahun 2024.

Salah satu penjagaan dilakukan di sekitar gereja Katedral Tiga Raja Timika saat melaksanakan Ibadah Jumat Agung, Jumat (29/3/2024).

“Jadi penjagaan dilakukan karena adanya surat masuk dari gereja yang meminta penutupan jalan selama Ibadah berlangsung, dan dalam surat disebutkan Ibadah dilakukan selama 3 hari. Jadi mulai Ibadah Jumat Agung, kemudian hari Sabtu akan ada Pawai Obor Jam 01.00 WIT, dan hari Minggu Ibadah Perayaan Paskah. Saat Ibadah kita tutup jalan,” ujar koordinator penjagaan Lalu Lintas Dishub Mimika, Urbanus Fangohoi kepada salampapua.com, Jumat (29/3/2024).

Urbanus mengungkapkan, ada 25 personel yang diturunkan untuk penjagaan saat Ibadah berlangsung dengan melakukan penutupan jalan di sekitar Gereja Tiga Raja.

“Permintaannya supaya Ibadah dilakukan dengan Khusyuk maka Jalan besar ditutup sehingga tidak ada kendaraan yang bolak-balik,” ungkapnya.

Sementara Kanit Kamsel Satlantas Polres Mimika, Dodi Sugiarto mengatakan, untuk penjagaan di Gereja Katedral Tiga Raja pihaknya menurunkan 4 personel, sebab jalan di sekitar Gereja tersebut ditutup, sedangkan untuk di Gereja lainnya di Timika dijaga oleh 2 personel karena dilihat dari tingkat kerawanannya.

“Kalau Gereja lain tidak sampai menutup jalan. Jadi kami turunkan 2 personil (untuk penjagaan di semua gereja), namun karena di gereja Tiga Raja ini permintaannya penutupan jalan, maka ada 4 personel yang berjaga,” tuturnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy