SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika melaunching Pos Pelayanan Terpadu Adminduk atau Dukcapil Mini di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika, Selasa (26/3/2024).

Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo menjelaskan bahwa launching Dukcapil Mini ini dilakukan atas kerjasama yang telah dijalin dari 3 tahun lalu antara Disdukcapil Mimika dengan RSMM, Yayasan Caritas Timika Papua (YCTP) dan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK).

“Tiga tahun lalu kita canangkan dengan program Lala Pu Kaka (cetak KK, Kartu Keluarga, KIA), namun kita tingkatkan menjadi Dukcapil Mini,” ujar Slamet.

Menurut Dia, hampir semua yang berobat di RSMM merupakan Orang Asli Papua (OAP), sehingga hadirnya Dukcapil Mini ini dapat membantu menyinkronisasikan data pasien dari geometrik (retina dan sidik jari) dengan data Dukcapil, NIK, nama maupun alamat, termasuk juga data di BPJS Kesehatan.

“Kita juga bantu masyarakat asli untuk mendapatkan data kependudukan dengan mudah, jadi saat melakukan rawat inap atau rawat jalan dan membutuhkan layanan Adminduk bisa satu kali jalan, sekalian bawa pulang obat dan dokumen,” jelasnya.

Dia berharap dengan adanya program ini dapat menyentuh masyarakat langsung, seperti pernyataan Kapolda Papua dan Kadinkes Papua Tengah yang meminta adanya layanan Adminduk di RS.

“Kami sangat berterimakasih sekali kepada YPMAK, YCTP, dan RSMM karena sudah bisa bersinergi dengan Disdukcapil, dan saya berharap dokumen kependudukan tidak jadi alasan seseorang tidak dilayani di Fasilitas Kesehatan (Faskes),” harapnya.

Sementara itu, Direktur RSMM, dr. Jhoni Ribo Tandisau berharap pelayanan Dukcapil Mini ini dapat terus berjalan dan masyarakat dapat terlayani dengan baik.

“Saya berterimakasih kepada Disdukcapil Mimika atas pembukaan Dukcapil Mini di RSMM ini,” ujarnya.

Sedangkan Wakil Direktur Bidang Sumber Daya Manusia RSMM Theodora Ocepina Magal mengungkapkan dengan adanya Dukcapil Mini ini sangat membantu, sebab selama ini salah satu hal yang menjadi kendala RSMM dalam pelayanan yaitu OAP yang tidak memiliki KTP-el saat berobat.

“Kendala kami, terkadang masyarakat datang tanpa KTP-el, atau mereka datang dengan identitas orang lain, jelas dengan adanya Dukcapil Mini ini sangat membantu,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy