SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kelurahan Wanagon, SP2, Distrik Mimika Baru (Miru) menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tahun 2024, yang diselenggarakan di gedung serbaguna Partai PKB Timika, Jumat (8/3/2024).

Musrenbang yang melibatkan 20 RT ini dihadiri Kepala Distrik Mimika Baru Joel Daniel Luhukay, tokoh masyarakat, tokoh agama, Bhabinkamtibmas, dan perwakilan sekolah-sekolah yang ada di Wanagon.

Kepala Kelurahan Wanagon, Yance Buinei, saat diwawancarai usai Musrenbang mengatakan bahwa ada sebanyak 150 usulan dari 20 RT dengan program prioritas yaitu Sosial Budaya (Sosbud), Ekonomi, Sarana dan Prasarana (Sarpras).

"Yang harus diprioritaskan ialah pembangunan jalan, penerangan jalan, drainase dan pengerukan sungai," ungkapnya.

Adapun beberapa usulan dari ketua-ketua RT yang berhasil dihimpun salampapua.com, di antaranya penertiban tempat penjualan minuman beralkohol, penertiban penjual pinang dan hasil kebun di atas trotoar dan di depan sekolah-sekolah, serta peningkatan layanan posyandu guna menekan angka stunting.

Sementara Kepala Distrik Mimika Baru, Joel Daniel Luhukay mengatakan bahwa setiap program yang diusulkan merupakan program prioritas dan menyentuh langsung masyarakat.

"Kita tahu bahwa usulan-usulan ini akan diteruskan ke tingkat Musrenbang Kabupaten dan tentunya akan disaring, karena bukan hanya satu kelurahan saja yang mengusulkan. Diharapkan usulan-usulan prioritas dari RT-RT di Wanagon bisa terakomodir," ujarnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy