SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tokoh Pemuda Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Denis Wandikbo mengatakan bahwa fasilitas pendidikan di Distrik Alama sangat memperhatinkan yang hanya tersedia untuk jenjang Sekolah Dasar (SD).

“Anak-anak di Distrik Alama sangat membutuhkan fasilitas pendidikan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP),” ujarnya kepada salampapua.com, Senin (11/3/2024).

Denis menjelaskan, dikarenakan hanya ada jenjang SD, banyak anak-anak di Distrik tersebut yang tidak melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

“Anak-anak yang ingin melanjutkan ke tingkat SMP harus ke Timika. Apabila ingin bersekolah di Timika harus memiliki tempat tinggal, dan faktor tersebut yang membuat banyak orang tua yang tidak dapat menyekolahkan anak-anaknya di Timika,” jelasnya.

Sementara untuk fasilitas kesehatan di Distrik Alama, menurut dia, sudah memenuhi kebutuhan masyarakat, dimana Puskesmas sudah sementara dibangun. Dia pun berharap ada perhatian lebih dari Pemkab Mimika di Distrik tersebut untuk fasilitas sekolah sama halnya seperti perhatian untuk fasilitas kesehatan.

“Kami sangat berharap Pemerintah Kabupaten Mimika membangun sekolah SMP di Distrik Alama dan juga pembangunan jembatan di kali Alamon segera dikerjakan karena jembatan merupakan akses yang menghubungkan masyarakat 7 Kampung,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy