SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kelurahan Timika Indah, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tahun anggaran 2024, Senin (4/3/2024).

Lurah Timika Indah, Ferdi Mariangga mengungkapkan bahwa dalam Musrenbang tersebut terdapat 10 usulan yang disampaikan secara lisan, namun yang tertera di dalam form yang dibagikan kepada seluruh peserta ada 100 lebih usulan. Dari setiap usulan, akan disaring untuk menentukan program-program prioritas yang benar-benar dapat dirasakan masyarakat.

"Usulan yang paling urgent seperti pembangunan saluran drainase di wilayah yang sering banjir dan diprioritaskan masuk pada usulan kali ini. Kemudian usulan dari kader posyandu agar memiliki tempat posyandu yang layak, karena di RT 17 belum memiliki tempat yang memadai dan pemberian makanan tambahan bagi bayi," ungkap Ferdi usai pelaksanaan Musrenbang yang dihadiri perwakilan  tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, Ibu-ibu PKK, Kader Posyandu, Kepala Puskesmas Pasar Sentral dan para Ketua RT.

Adapun beberapa program prioritas lainnya ialah pemekaran RT, perbaikan infrastruktur jalan, tapal batas antara wilayah, dan pembangunan gedung sekolah.

"Usulan-usulan itu memang menjadi kebutuhan, sehingga harapan kami bisa diakomodir. Kalau memang tidak semuanya terakomodir, paling tidak 90 persennya," ujarnya.

Sementara Kepala Distrik Mimika Baru, Joel Daniel Luhukay mengatakan, dari ratusan program yang diusulkan akan disaring sebagai program prioritas yang akan diusulkan di Musrenbang tingkat Kabupaten. Diharapkan usulan-usulan prioritas tersebut dapat terealisasi di wilayah Mimika Baru.

"Tidak semua usulan kita ambil, karena bagaimana pun yang diutamakan benar-benar merupakan program prioritas untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat," tegas Joel.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy