SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, H. Muhammad Amin mengatakan bahwa keputusan 1 Ramadhan 1445H/2024M masih menunggu keputusan dari Pusat namun diperkirakan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024.

“Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU), 1 Ramadan 1445 H diprediksi tanggal 12 Maret 2024, namun kita tunggu hasil akhirnya nanti,” ujarnya kepada salampapua.com, Selasa (5/3/2024).

Ia menjelaskan, untuk Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1445 H pada 11 Maret 2024, Idulfitri 1 Syawal pada 10 April 2024, dikarenakan untuk Muhammadiyah perhitungannya melalui Mazhad Hisab, sedangkan untuk perhitungan Pemerintah menggunakan Rukyat dan Bulan Baru.

“Jadi sebenarnya sama saja, namun kita melihat adanya bulan baru yang muncul atau hilalnya, sehingga kita bisa memastikan 1 Ramadhan,” ungkapnya.

Dengan masuknya bulan Ramadhan, dirinya berharap semua masyarakat Muslim di Mimika dapat menjalani bulan Ramadhan dengan penuh sukacita sehingga makna Ramadhan dapat berarti bagi kehidupan.

“Saya minta masyarakat Muslim untuk gunakan momentum bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Jadikan bulan Ramadhan sebagai bulan penuh berkah, selalu lakukan kebaikan-kebaikan sehingga bulan Ramadhan menjadi ladang pahala bagi kita,” harapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy