SALAM PAPUA (TIMIKA) - Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XII tingkat Kabupaten Mimika tahun 2024 ditutup secara resmi oleh Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Mimika, H. Dwi Cholifah, yang diselenggarakan di Aula Masjid Babusalam Timika, Minggu malam (3/3/2024).

Penutupan MTQ ke-XII tingkat Kabupaten Mimika tahun 2024 ini diawali dengan Pembacaan Kalam Ilahi oleh Qoriah Desi Purnamasari, dan dilanjutkan dengan Khosidah dari Grup Khosida Isbi.

H. Dwi Cholifah mengungkapkan rasa syukurnya atas suksesnya penyelenggara MTQ ke-XII tingkat Kabupaten Mimika tahun 2024, dimana proses peningkatan pengetahuan ini tidak boleh berhenti agar selalu relevan dengan perkembangan zaman.

“Generasi Qur’ani juga tidak hanya sekadar sanggup membaca Al-Qur’an, tapi juga memahami kandungannya agar bisa mengimplementasikan dalam berbagai sendi kehidupan. Inilah salah satu ciri dari SDM unggul sesuai dengan napas Al-Qur’an,” ujarnya.

Menurutnya, tahun ini gelaran MTQ dan STQ memasuki periode baru dan perkembangan khususnya dalam penangangan sistem administrasinya yang telah menggunakan teknologi digital. Ini sejalan dengan program pemerintah smart city, maka pada MTQ tahun ini telah mengintegrasikan teknologi dalam pelaksanaan MTQ.

“Mulai sistem pendaftaran yang terintegrasi dengan sistem seleksi berkas, sistem penjurian hingga sistem penilaian semua didukung dengan teknologi digital yang bekerjasama dengan MUNASID (Musabaqah Nasional Indonesia),” ungkapnya.

Dia berharap perlombaan MTQ ini bukan hanya sekedar seni membaca al-qur’an dan bukan juga sekedar seremoni namun dapat menjadi momentum pengingat bagi jalan kehidupan.

“Jadikanlah Musabaqah Tilawah Qur’an sebagai momentum untuk kita kembali kepada Al-Qur’an. Saya juga berharap para pemenang dapat terus mengembangkan hafalannya,” harapnya.

Sementara itu, dalam laporan Panitia yang dibacakan Sekretaris LPTQ Abdul Syakir disampaikan bahwa perlombaan MTQ dilakukan di dua lokasi, dimana lokasi pertama di Masjid Agung Babusalam dan kedua berlokasi di Masjdi Ataqwa, dan pelaksanaan lomba selama tiga hari berjalan dengan baik dan lancar.

“Alhamdulilah LPTQ Mimika terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, diwujudkan dengan mendapatkan juara kedua pada Seleksi Tilawatil Quran dan Al Hadist (STQH) Nasional XXVII di Kota Jambi, dan pada lomba MTQ tahun ini, sangat antusias dengan 300 peserta yang mendaftar,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy